Pakai Masker Anti Asap tapi Merokok

Sampai saat ini, bencana asap masih melanda di beberapa wilayah Nusantara seperti Riau, Jambi, Sumsel, Kalbar dan Kateng. Nggak terkecuali di tempat saya kerja di pedalaman Kalimantan.

Tahun inilah bencana asap terparah. Tahun-tahun sebelumnya nggak pernah ada cerita asap masuk sampai ke kantor. Tapi tahun ini, banyak teman kerja termasuk saya yang harus pakai masker. Nggak hanya waktu berangkat dan pulang saja pakai masker, di ruang kerja pun asapnya terasa kuat.

Kabut asap juga membuat pergantian malam terasa cepat. Pulang kantor jam 4 sudah seperti waktu maghrib. Lampu-lampu teras dan taman pun perlu dinyalakan.

Asap berwarna putih menggantikan awan biru yang biasanya cerah. Asap putih juga menutup hampir semua pemandangan hutan yang menghijau. Jarak pandang terbatas. Suasana pengap begitu terasa. Semoga Tuhan mengirimkan malaikat-malaikatnya untuk menurunkan hujan dan menghilangkan kabut asap. Berdoa dan berdoa yang bisa saya dan teman-teman kerja lakukan, karena sumber api jauh jaraknya.

Namun ada satu hal menggelikan yang saya lihat dari teman-teman di kantor. Mereka yang biasanya merokok juga rajin pakai masker. Benar-benar lucu. Ironis. Lha, gimana nggak? Di satu waktu mereka pakai masker supaya asap kebakaran yang masuk hidung dapat dikurangi. Tapi di waktu lain, mereka lepas masker dan merokok. Terlihat begitu menikmati sebatang rokok yang dihisap pelan-pelan dan asapnya masuk ke tenggorokan. 🙂 🙂

Iklan

4 pemikiran pada “Pakai Masker Anti Asap tapi Merokok

  1. Gak cuma di Sumatera dan Kalimantan, di kota Ambon saat ini asap juga sudah tebal. Ini juga akibat pembakaran hutan di pulau Seram, kiriman dari Papua. Bahkan mungkin juga kiriman dari Australia Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s