Belajar Sabar dari Juru Kamera

Pemandangan hutan yang hijau dan lintasan kabut seputih kapas di pagi hari adalah hal biasa bagi saya. Tiap ada hujan saat dini hari, paginya akan muncul kabut yang bergerak pelan dari bawah pepohonan..

Tapi bagi profesi juru kamera, momen seperti itu adalah pemandangan yang luar biasa. Sampai-sampai mereka harus meluangkan waktu. Bangun pagi dan menunggu di tempat yang tepat. Pasang kamera dengan tripod dan lensa tele di di gazebo.

Satu setengah jam menunggu, akhirnya momen itu tiba. Kabut tipis menyerupai kapas mulai muncul dari sela-sela pepohonan. Bergerak ke atas dan setelah berada di udara berubah arah. Berpindah gerak menyamping mengikuti arah angin.

Selesai ambil gambar, pindah lagi di samping dapur untuk mendapatkan sudut pengambilan gambar yang lebih bagus. Semuanya berlangsung alami. Nggak direkayasa agar sesuai skenario. Justru kita yang perlu menyesuaikan diri dengan skenario alam ciptaan Tuhan yang menakjubkan. Saat itulah saya yang ikut mengamati ikut terpesona dan lupa waktu. Hingga sang juru kamera mengingatkan.

“Mas kalau mau sarapan dulu silakan. Saya masih menunggu sampai selesai”kata juru kamera.

Melakukan yang kita sukai memang sering membuat lupa waktu. Mengamati yang kita senangi juga membuat kita nggak ingat kegiatan lain. Dan hasil gambar yang didapatkan sangatlah memuaskan. Selain ilmu fotografi, modal yang diperlukan adalah sikap sabar. Kesabaran untuk mendapatkan momen yang indah dan alami. Karena setelah itu, kabut putih tipis itu segera menghilang, seiring sinar matahari yang semakin terang.

Iklan

7 pemikiran pada “Belajar Sabar dari Juru Kamera

  1. Kesabarannya juru kamera alias forografer emang luar biasa Pak Yudhi, saya pernahnlihat di natgeo katanya mereka bisa sampe berhari-hari di spot yang sama…

  2. ahh.. yang namanya melakukan hobi pasti menyenangkan.. apalagi kalo fotografer yang udah niat mau dapet apa yang di inginkan.. sampe harus lama2 pun g masalah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s