Bangun Awal dan Rahasia Awet Muda

Ada nggak sih hubungan antara bangun awal, mandi pagi dan awet muda? Ternyata ada. Saya lihat ada beberapa orang yang wajahnya lebih muda dari usianya. Ada seorang ustadz yang biasa ngisi pengajian di camp. Dia masih single dan usianya sudah 30 tahun lebih, tapi wajahnya seperti baru 20-an tahun. Terus ada juga salah satu bos yang umurnya 60 tahun lebih, tapi orang yang melihat banyak yang mengira dia baru berumur 50-an.

Ada juga tetangga sebelah kamar yang saya lihat hampir tiap hari bangun pagi dan olahraga di teras kamar atau keliling lapangan badminton. Wajahnya baby face, nggak nampak ketuaan meski umurnya lewat 40 tahun.

Saya menduga, orang-orang yang kelihatan awet muda itu salah satunya karena rajin bangun awal. Memang ada beberapa penyebab orang bisa awet muda, bisa dari makanan, pola pikir yang mengurangi stress dan rajin olahraga. Bisa juga kelihatan awet muda secara buatan setelah operasi plastik.

Namun ada satu faktor yang nggak kalah penting yang bikin seseorang awet muda, kebiasaan bangun awal. Coba narablog perhatikan, di antara keluarga, saudara atau teman-teman lain yang kelihatan awet muda? Apa sih rahasianya? Coba perhatikan kebiasaan bangun tidurnya. Bisa jadi dia lebih sering bangun awal sebelum subuh dan jarang kesiangan.

Bangun awal sekitar jam 3-4 pagi ditambah langsung mandi, terbukti bisa membuat wajah seseorang terlihat awet muda, segar dan seperti bercahaya. Beda lho dengan orang yang sering bangun kesiangan. Meski dipoles dengan tata rias yang canggih, kesegaran wajahnya terlihat berbeda dengan yang terbiasa bangun awal.

Jadi kalau ingin awet muda, rahasianya nggak mahal dan nggak susah. Cukup bangun awal, mandi dan gerakkan badan. Nah, kalau dalam agama Islam, gerak badan itu berupa sholat tahajud dan sholat subuh.

14 pemikiran pada “Bangun Awal dan Rahasia Awet Muda

  1. Harus dibarengi tidur awal juga kalo pengen bangun lebih pagi, pak. Ini supaya tubuh punya masa yang cukup untuk recovery.
    Bangun pagi, sebagimana petuah orang tua dulu, juga melancarkan rejeki. Bangun kesiangan rejeki dipatok ayam, hehehe…

  2. Wah pantas saja ibu saya terlihat awet muda terus. Beliau selalu bangun jam 4 pagi tapi tidur tidak pernah tengah malam. Pasti jam 9 atau jam 10 sudah istirahat. Terima kasih ya pak atas informasinya🙂

  3. wudhu dan tahajjud ya pak.. setuju! Saya langsung tertarik membaca tulisan ini begitu melirik sekilas judulnya. Dan memang betul, di waktu-waktu sepertiga malam selalu ada ketenangan, rasa syahdu, dan hati yang tentram.

  4. Jadi sadar diri setelah baca artikel ini, skrg sudah jarang olahraga. Padahal dulu waktu di Jogja, olahraga pagi hampir tiap hari, minimal jogging. Memang betul, pola hidup sehat membuat orang jadi kelihatan awet muda🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s