Menegakkan Telur Ayam di Tugu Khatulistiwa

Kalau anda ke Pontianak, jangan sampai nggak berkunjung ke Tugu Khatulistiwa. Lokasinya berada di daerah Siantan, Pontianak Selatan. Bagi teman-teman yang mau berwisata ke Singkawang atau Ngabang, pasti melewati obyek wisata ini.

Lokasinya tepat di tepi jalan raya dan terlihat dengan jelas kalau kita melintas. Sempatkan singgah dan melihat-lihat di dalam ruangannya. Saya baru tahu, rupanya tugu yang berdiri di tepi jalan itu adalah replikanya. Tugu yang asli berukuran lebih kecil dan berada di dalam bangunan. Di tugu kecil yang asli inilah banyak pengunjung berfoto ria.

Di dalam ruangan ada pemandu yang siap menjelaskan tentang latar belakang pembangunan tugu Khatulistiwa. Juga ada foto-foto yang menggambarkan sejarah pembangunannya.

Ada satu hal yang menarik perhatian saya ketika berkunjung ke dalam ruangan tugu ini. Pemandu wisata menjelaskan,  kita bisa bikin telur ayam berdiri tegak di lantai bila tepat di lintasan garis khatulistiwa. Ada seorang pengunjung yang berhasil menegakkan telur ayam yang disediakan panitia. Telur itu nggak jatuh, tapi berdiri tegak seperti ada magnet yang menariknya dari bagian lantai.

Ketika telur itu direbahkan dan giliran saya mencoba, malah belum berhasil. Berkali-kali saya cari posisi di lantai, gerak-gerakkan telurnya, tapi tetap gagal.

Ini yang bikin saya penasaran. Karena beberapa teman sudah mulai keluar ruangan dan beristirahat menikmati es kelapa muda di warung-warung, nggak saya teruskan usaha untuk menegakkan telur itu.

Lain waktu saya akan datang lagi dan mencoba tantangan yang bikin penasaran itu. Menegakkan telur ayam.

4 pemikiran pada “Menegakkan Telur Ayam di Tugu Khatulistiwa

  1. Saya waktu berkunjung kesana tahun 1999, -karena lagi kerja juga di Ponti, hanya foto-foto doang. Waktu itu belum ada challenge seperti itu. Nanti kalo ke Ponti lagi kudu dicoba nih,🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s