Rumah Radank, Rumah Panjang Khas Kalimantan Barat

P_20151218_145618A

Masih satu paket kunjungan wisata saat menemani keluarga dari Jogja, satu obyek wisata yang kami kunjungi adalah rumah Radank. Rumah adat Dayak yang biasa juga disebut rumah betang atau rumah panjang. Lokasinya di daerah Kotabaru, di dalam kota Pontianak. Tepatnya di sisi kanan bundaran Kotabaru dari arah Jalan Ahmad Yani. Di sampingnya juga terdapat rumah Adat Melayu.

Rumah adat Dayak sebelumnya berlokasi di Jalan Sutoyo dekat dengan rumah dinas Gubernur Kalbar. Namun berukuran lebih kecil dibandingkan yang di Kotabaru.

P_20151218_145430A

Untuk masuk ke lokasi Rumah Radank nggak perlu bayar tiket masuk, cukup bayar ongkos parkir saja. Halaman di depannya cukup luas dan ideal untuk mengambil gambar dari berbagai sisi. Kalau ingin naik ke atas dan melihat-lihat kamarnya disediakan tangga yang cukup lebar berada di bawah bangunanan. Bangunan memanjang yang terdiri atas beberapa kamar itu cocok jadi tempat pemotretan pre wedding. Beberapa fotografer menjadikan hiasan khas di dinding kamar sebagai latar belakang untuk pemotretan.

Ada juga dua buah tangga tradisional yang terletak di bagian depan. Terbuat dari kayu belian atau ulin yang dibuat lubang setengah lingkaran untuk pijakan kaki. Bagi yang nggak terbiasa menaiki tangga ulin ini,  disarankan tidak mencobanya karena sempit dan posisinya tegak lurus.

Jpeg

Mungkin karena membahayakan keselamatan pengunjung karena resiko terjatuh jika memanjat, di bagian sepertiga tangga dipasang penghalang dari kayu.

Di bagian depan rumah Radank juga didirikan enam tiang yang ujungnya dihiasi dengan burung khas Kalimantan, Enggang atau Rangkong.

Pada saat Presiden Jokowi meresmikan Karnaval Khatulistiwa beberapa bulan lalu, rumah Radank dijadikan tempat permulaan konvoi kendaraan hingga berakhir di Keraton Kadriyah.

Di tempat ini pula anak sulung saya, Nadia, pernah menyajikan tarian tradisional bersama teman-temannya. Ketika itu, serombongan turis dari Malaysia merekam tarian mereka dan tanpa diduga memberikan tips untuk mereka.

Nah, kalau berwisata ke kota Pontianak, jangan lupa ya sempatkan untuk melihat rumah Radank, juga rumah Adat Melayu yang lokasinya berdekatan.

Iklan

2 pemikiran pada “Rumah Radank, Rumah Panjang Khas Kalimantan Barat

  1. Wah cakep ya rumah radank itu. Kalau di daerah saya nama rumah adatnya rumah Gadang, cuma beda tipis di huruf tapi beda banyak di bentuk fisik 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s