Bekal Makan Ketika di Perjalanan

Mungkin nggak banyak orang yang bawa bekal makanan saat dalam perjalanan. Apalagi bawa bekal nasi dan lauk untuk sarapan, makan siang atau makan malam di kendaraan umum.

Biasanya sebelum naik kendaraan, orang-orang yang bepergian akan makan dulu di rumah, di terminal, di stasiun atau di bandara. Kalau nggak, ya makannya waktu kendaraannya berhenti di rumah makan. Sekalian istirahat dan sholat.

Saya juga biasa makan dulu sebelum naik kendaraan umum dari Pinoh atau Pontianak. Perut diisi dulu sebelum naik bis malam atau bis pagi. Kalau nggak makan, kena AC yang dingin di bis bisa masuk angin.

Tapi hari Rabu lalu (12/1), karena waktu yang mepet, akhirnya saya minta tolong Aysha buat nyiapin bekal untuk makan malam di bis. Waktunya nggak cukup lagi buat makan malam di rumah.

Bisnya berangkat jam 19.00. Jam 18.00 adzan maghrib, sholat maghrib dan isya dijama’ perlu waktu sekitar 20 menit. Terus siap-siap berangkat ke agen bis. Normalnya perlu waktu 20 menit dari rumah kalau nggak macet. Jam 18.30 berangkat diantar istri dan anak-anak.

Sampai di agen bis, setelah letakkan barang-barang ke bagasi, saya cari tempat duduk sesuai tiket. Nomor 3 A. Kursi tunggal, formasi 1-2 bukan 2-2. Mumpung bisnya belum berangkat, saya buka bekal di dalam kotak plastik yang disiapkan Aysha. Ada nasi, sayur tumis sawi dan dua ekor ikan lele goreng. Langsung saya santap bekalnya.

Belum selesai makan, jam 19.00 bisa mulai perlahan bergerak. Saya teruskan makan sambil sekali-kali lihat pemandangan di luar. Sayang kalau bekal yang sudah disiapkan nggak dihabiskan. Nikmat sekali rasanya makan malam waktu perut lapar. Bis pun menambah kecepatan setelah meninggalkan kota Pontianak. Sampai di rumah makan tempat perhentian bis sekitar jam 22.30. Kalau penumpang lain banyak yang turun dan antri mengambil makanan, saya juga ikut turun tapi nggak ambil makanan karena masih kenyang. Turun buat isi ulang batere handphone.

Cuma saya belum tahu, kalau kita naik pesawat terbang boleh nggak ya bawa bekal makan dari rumah?🙂 Karena nggak semua maskapai sediakan makan di dalam pesawat. Hanya berikan kotak snack berisi kue dan agua gelas.

2 pemikiran pada “Bekal Makan Ketika di Perjalanan

1. Perjalanan jauh lebih save bawa bekal, mas. Pikiran tenang karena ada yang bisa dimakan dalam perjalanan.
    Waktu kerja di pedalaman Ketapang saya makan dulu di Ketapang untuk ngisi power karena perjalanan jauh, 6 jam pakai sepeda motor. Nanti tiga jam setelah perjalanan makan bekal yang saya bawa dari Ketapang.

1. Wow, siap2 bawa bekal juga ya, bro. Apalagi kalo bawa motor, biasanya malah cepat laper. Tapi enaknya bawa motor bisa singgah sesuka hati kalo terasa capai. Istirahat dulu dan menikmati bekal yg ada.