Habis Maghriban, Ngaji Dulu ya Anak-Anak

Ayo anak2, habis sholat maghrib, yasinan dulu ya1

“Ayo, anak-anak, habis maghriban kita ngaji dulu, ya”kata saya ke anak-anak di masjid dua hari lalu. Setelah sholat maghrib berjamaah dan dzikir, biasanya anak-anak itu salaman. Juga antri cium tangan ke bapak-bapak. Nah, setelah itu baru mereka diajak ngaji dulu. Karena malam Jumat, saat itu baca surat yasin. Meski mereka ada yang belum lancar ngajinya, gak apa-apa. Membiasakan ngaji mulai dari kecil.

Selain malam Jumat, biasanya mereka minta ke bapak-bapak supaya diajar ngaji. Satu bapak mengajar dua atau tiga orang. Ada juga yang satu bapak satu anak. Ada yang baru iqro 1, ada juga yang sudah baca Qur’an.  Setelah itu anak-anak  karyawan itu minta buku catatan ngajinya ditulis. Ditandatangani bapak yang membimbing ngaji.

Saya senang lihat semangat anak-anak itu. Sebelum adzan, mereka sudah di masjid. Kadang-kadang malah bapak-bapaknya yang datang belakangan.

Mungkin yang bikin senang mereka karena bisa kumpul-kumpul. Bertemu teman-temannya. Juga sholawatan pakai pengeras suara. Bergantian mereka sampai ada yang ngambek, kalau udah gilirannya tapi nggak jadi karena waktunya iqomat. Ada juga yang habis kejar-kejaran sama temannya, saling mengolok, bertengkar sampai ada yang nangis. Pulang. Kalau sudah seperti itu, bapak-bapaknya yang turun tangan. Lucunya, habis bertengkar, besoknya rukun lagi. Bermain sama-sama lagi.🙂

Mereka sepertinya menikmati bisa datang ke masjid. Nggak cuma shalawatan, sholat, dan ngaji. Tapi juga ketemu kawan-kawan, kejar-kejaran, bercanda. Khas banget anak-anak. Mereka sepertinya tak terlalu terpengaruh dengan kuatnya daya tarik televisi atau gadget. Kehadiran mereka di masjid terasa menyejukkan hati.

6 pemikiran pada “Habis Maghriban, Ngaji Dulu ya Anak-Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s