Lanjutkan Cita-citamu untuk Sekolah lagi, Kawan

Tidak banyak karyawan yang setelah bekerja ingin melanjutkan sekolah lagi ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi sampai ke luar negeri. Bagi yang berprofesi sebagai dosen, meneruskan pendidikan ke jenjang S2 dan S3 adalah sebuah kebutuhan. Tidak cukup hanya lulus S1 setelah itu mengajar mahasiswa S1.

Namun, bagi yang bekerja di perusahaan swasta, tak mudah untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya. Apalagi bekerjanya di tengah hutan. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa. Kenapa tidak mudah bekerja sambil kuliah? Karena belum tentu perusahaan mau memberi ijin karyawannya untuk full study seperti mahasiswa lainnya. Mengijinkan karyawannya setiap hari datang ke kampus untuk kuliah hingga lulus.

Terus bagaimana jalan keluarnya? Karyawan diberikan ijin dua bulan sekali untuk mengikuti kuliah. Selama seminggu dia ke kampus. Ikut kuliah dan mengerjakan tugas-tugas. Jam kuliahnya bisa dari pagi sampai sore. Jadwalnya dipadatkan

Itu yang dijalani oleh teman kerja yang lulusan sekolah vokasi. Dulu namanya pendidikan diploma. Setelah lulus D3 dari Jogja, dia kerja di perusahaan. Di tengah hutan. Setelah empat tahun kerja, dia meneruskan kuliah S1 di Sintang. Perlu 4 jam perjalanan dari tempatnya bekerja ke kampus.

Tekadnya untuk sekolah tak pernah padam. Selesai jenjang S1 dia ingin meneruskan lagi ke S2 di Jogja. Karena jarak yang cukup jauh, akhirnya dia memutuskan resign. Berhenti  bekerja  dan memulai langkah baru. Kuliah. Mungkin nggak sambil kerja lagi.

Dia memang masih muda. Umurnya 27 tahun dan belum menikah. Namun pola pikir dan wawasannya melebihi usianya.

Saya kenal dia karena sering ketemu saat mendampingi tamu. Selain terkenal sebagai pekerja keras, dia juga terampil presentasi.

Bekal pengalaman lapangan selama hampir lima tahun, terampil presentasi dan terbiasa membuat laporan kegiatan adalah modal berharga baginya.

Selamat jalan, kawan. Lanjutkan langkahmu dalam mengejar cita-citamu. Ilmu memang harus dicari dan bukan ditunggu. Karena ilmu adalah cahaya yang menerangi hidup kita.

2 pemikiran pada “Lanjutkan Cita-citamu untuk Sekolah lagi, Kawan

  1. Salut buat teman pak Yudi. Orang seperti dia yang harus ilmu cocok jadi peneliti atau dosen.
    Saya mengikuti training dua bulan saja sudah “panas” kepala, hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s