Keajaiban Pohon Tengkawang Ketika Terluka di Batang

12042011(002)A

Dari belasan bahkan puluhan jenis pohon meranti, ada satu jenis yang jarang sekali ditemukan berlubang. Pohon tersebut termasuk jenis yang dilindungi. Penghasil kayu dan buah sebagai bahan baku kosmetik. Memiliki daun yang lebar dan berbatang lurus.

Bila menerima paparan sinar matahari dari arah samping, cenderung tumbuh banyak cabang. Tapi bila hanya menerima cahaya dari arah atas, jumlah cabang pohonnya sedikit. Pohon itu adalah tengkawang. Ada banyak nama latinnya seperti Shorea macrophylla, Shorea stenoptera dan Shorea pinanga

Waktu itu saya belum tahu mengapa pohon tengkawang jarang berlubang. Padahal cabangnya secara alami juga mengalami pruning atau gugur dengan sendirinya, sehingga pangkal cabangnya berlubang. Lubang akibat luka inilah yang menjadi sumber masuknya serangga atau hewan kecil lainnnya. Bersarang atau memakan bagian batang yang lunak.

12042011(004)A

Kalau kita memasang paku untuk label saat penelitian mengukur diameter, pada bagian yang dipaku itu juga akan mengeluarkan getah. Pada saat pengukuran kedua baru diketahui ternyata getahnya telah menutup sebagian labelnya.

Selain itu, kulit batangnya juga dapat terkelupas dan rusak oleh tandukan hewan seperti rusa.

Namun pohon tengkawang punya cara tersendiri menghambat masuknya musuh dari luar. Setelah batangnya terluka, dia akan mengeluarkan getah atau resin seperti lilin.

Inilah mekanisme pertahanan pohon tengkawang menghambat gangguan serangga saat dirinya terluka. Ajaibnya, getah atau resin itu tidak akan diproduksi saat tidak ada luka di batangnya. Getah ini makin lama akan mengeras sehingga susah ditembus oleh serangga atau hewan lain. Dan proses pertumbuhan batang pun tetap terjadi.

Inilah salah satu keajaiban alam yang dimiliki oleh pohon tengkawang. Tidaklah mengherankan bila batang pohon ini jarang sekali berlubang.

2 pemikiran pada “Keajaiban Pohon Tengkawang Ketika Terluka di Batang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s