Dari blok Masela Sampai Arti Netizen

“Netizen itu artinya apa sih? Saya baca di koran sama internet kok ada kata itu”tanya bos lewat aiphone tadi pagi

“Ooo, itu singkatan, Pak. Kepanjangannya internet citizen. Artinya warga negara atau penduduk yang sering pakai internet. Orang-orang yang suka cari informasi terbaru di internet”saya jelaskan

“Oh, ya. Saya nggak ngerti makanya perlu tanya”kata bos lagi

“Ya, Pak”jawab saya pendek

Setelah saya renungkan ada dua hikmah yang saya dapat dari pertanyaan bos tadi.

Pertama, perlunya kita ikuti perkembangan informasi dan teknologi. Nggak nyangka juga saya ditanya seperti itu sama bos yang usianya sudah kepala enam. Pertanyaan yang pasti ragu-ragu menjawabnya kalau saya nggak ikuti perkembangan jaman.

Pengalaman juga sih dulu pernah ditanya,”Itu kok sekarang lagi ribut berita Masela. Masalah apa sih Masela itu?”

“Masela? Wah, saya baru dengar itu, Pak”kata saya. Pikiran saya waktu menebak apa Masela itu nama artis ya.

Nah, kalau pertanyaan itu saya nggak bisa langsung jawab. Terus saya tanya teman-teman kerja, tapi nggak ada yang paham juga. Malah gantian teman yang tanya,”Itu kalimat lengkapnya gimana. Kok cuma Masela”.

Daripada penasaran dan nggak dapat jawaban yang jelas, akhirnya saya cari di internet. Apa itu Masela. Rupanya berita tentang cadangan gas terbesar di dunia yang ada di daerah Masela, Maluku. Ada dua pihak yang berbeda pendapat mengenai pembangunan kilang gas dan diekspos media massa.

Menteri ESDM menginginkan kilangnya dibangun di lepas pantai (offshore), sementara Menko Kemaritiman meminta kilang gas dibangun di darat (onshore). Waktu itu belum ada titik temu. Pas hangat-hangatnya berita itu, saya memang nggak ngikutin berita di televisi atau internet. Jadi wajar kalau nggak ngeh.

Pelajaran kedua yang saya dapatkan, kalau nggak tahu sebaiknya bertanya. Bos nggak merasa gengsi bertanya kepada stafnya. Ya, seperti arti netizen atau tentang Masela tadi. Lha, kalau gengsi bertanya malah tambah banyak istilah baru yang nggak ngeh.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu secara nggak langsung juga memaksa saya terus belajar. Mengikuti perkembangan dan informasi yang terjadi. Nggak hanya yang terkait dengan bidang kerja saja. Supaya kalau ditanya, bisa jawab meski hanya garis besarnya.

 

 

 

2 pemikiran pada “Dari blok Masela Sampai Arti Netizen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s