Di Sana Unjuk Rasa, Di Sini Kerja Nyata

P_20160501_085905A

Hari Buruh 1 Mei identik dengan demo alias unjuk rasa. Kita bisa lihat di televisi, di hari libur nasional itu para buruh turun ke jalan-jalan protokol di ibukota negara. Berjalan kaki meneriakkan tuntutan sambil membawa spanduk dan berorasi di atas kendaraan. Meminta agar pemerintah memperhatikan hak dan kesejahteraan mereka.

P_20160501_090017A

Nun jauh di tengah hutan, sekelompok pekerja justru melakukan aksi nyata. Berkumpul bersama untuk membersihkan masjid. Merapikan tamannya, mengganti lampu yang padam, menguras bak air tempat wudhu dan menimbun halaman depan masjid yang licin.

Memang tidak salah turun ke jalan untuk memperjuangkan haknya, meminta pemerintah memperhatikan nasibnya. Namun, sayangnya setelah kegiatan itu sampah bertebaran di mana-mana, terkadang malah memacetkan lalu lintas di jalan raya.

Alangkah lebih bermakna jika aksi turun ke jalan para buruh itu diarahkan pada aksi nyata. Seperti membersihkan sungai-sungai di ibukota, membuat mural di dinding jembatan layang, mengecat halte bus kota atau membagikan nasi bungkus bagi para pemulung dan para tuna wisma.

Bukankah masih banyak saudara mereka yang hidupnya lebih susah?

Daripada menuntut pihak lain untuk memperhatikan kesejahteraan mereka, tidakkah lebih mulia membantu sesama yang hidupnya lebih menderita?

 

Iklan

3 pemikiran pada “Di Sana Unjuk Rasa, Di Sini Kerja Nyata

  1. Ide bagus mas. Salut.
    Buat buruh yang sering demonstrasi : kalau anda gak mau diatur dan merasa gaji kecil keluar dari tempat kerja lalu usaha sendiri. Gak dipecat aja udah syukur deh itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s