Tulisan Pertama di Majalah Hutan Indonesia

Jpeg

Rasanya memang beda kalau tulisan kita dimuat di blog dibandingkan di majalah. Waktu redaksi majalah Hutan Indonesia mengirim SMS, bahwa tulisan saya akan dimuat di edisi April 2016, rasanya hati ini sudah berbunga-bunga. Padahal lihat majalahnya saja belum🙂.

Sebuah majalah yang diterbitkan oleh Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI). Membahas seputar kebijakan dan perkembangan di dunia kehutanan.

Dua hari lalu, sampai juga kiriman majalah itu ke camp. Lima eksemplar saya terima dalam amplop warna coklat. Saya baru selesai membaca tuntas sore ini. Padahal nggak tebal-tebal amat isinya. Hanya 62 halaman saja, tapi saya begitu menikmati membacanya.

Jpeg

Ucapan terima kasih lewat email tak lupa saya sampaikan ke mas Herry Prayitno, staf redaksi, yang Nopember tahun lalu ke camp. Juga yang memberikan masukan sebelum tulisan naik cetak.

Sebuah tulisan yang berawal dari ngobrol-ngobrol di ruang tamu dengan bapak Nana Suparna, Kabid Bidang HTI di APHI. Waktu itu dia tanya bagaimana kegiatan Pembalakan Ramah Lingkungan (Reduced Impact Logging) dilaksanakan. Terus saya jawab dalam bentuk cerita mulai  kegiatan pendataan pohon, penebangan sampai evaluasi.

Tanpa saya duga, pak Nana minta supaya cerita saya itu dibuat dalam bentuk tulisan. Akhirnya, pagi hingga sore waktu pak Nana dan tim APHI melihat-lihat hutan didampingi rekan-rekan di camp, saya kembali ke ruang kerja dan mencoba menulis.

Malamnya waktu pertemuan, konsep tulisan sudah jadi dan saya serahkan. Saat itu juga pak Nana minta supaya konsep tulisan saya diemailkan ke alamat emailnya.

Setelah dibaca, pak Nana juga minta agar konsep tulisan itu diemailkan ke mas Herry dan minta  bisa dimasukkan ke majalah Hutan Indonesia.

Sebuah proses penulisan yang cepat, karena mungkin saya terbiasa menulis di blog. Kalau nggak terbiasa ngeblog, mungkin setengah hari belum selesai untuk buat konsepnya.

Itulah gunanya menulis di blog. Di saat mendadak diperlukan, kita bisa langsung action. Tanpa harus banyak bertanya lagi ke yang meminta. Setelah selesai, baru kita tunjukkan hasilnya.

Ngeblog itu ternyata banyak manfaatnya.

6 pemikiran pada “Tulisan Pertama di Majalah Hutan Indonesia

Tinggalkan Balasan

