Nikmatnya Kerja Bakti dan Makan Bersama

Jpeg

Ternyata kerja bakti itu menyenangkan. Ini saya rasakan saat kemarin ikut bersih-bersih masjid. Melanjutkan kerja bakti hari libur 1 Mei lalu. Masih ada pekerjaan yang belum tuntas. Membersihkan kipas angin, meratakan halaman belakang masjid yang sudah ditimbun tanah liat, menyedot karpet tempat sholat, menanam pohon dan membuat lubang sampah.

Hari libur Waisak kemarin bertepatan hari Minggu, pengurus masjid berinisiatif  mengadakan lagi kerja bakti jilid dua. Hampir saja kegiatannya batal, karena sampai jam 9 pagi belum ada jamaah yang datang. Saya yang datang duluan jam 7.30, agak terkejut juga kok masjid masih sepi.

Rencana awal kerja bakti  jam 7 pagi dan sudah diumumkan saat sholat Jumat dua hari sebelumnya. Rupanya Allah berkehendak lain. Mulai dini hari sampai pagi hujan turun. Ketua masjid mengumumkan lewat facebook, kegiatan kerja bakti ditunda sampai hujan reda.

Saya pun baru paham setelah lihat update status tersebut. Pantas belum ada jamaah yang datang. Tapi nggak masalah, saya isi waktu dengan sholat dhuha. Sesuai rencana yang saya tulis sebelumnya kalau hari libur, target sholat dhuha saya naikkan. Hari biasa 4 rakaat, hari libur 12 rakaat.

Akhirnya, datang juga para jamaah. Rupanya ada juga yang nggak langsung ke masjid, tapi mengambil tanah timbunan dan diangkut pakai mobil pick up.

Setelah jamaah datang, saya sebut nama mereka satu per satu lewat pengeras suara. Mengucapkan terima kasih. Sekalian pemberitahuan ke jamaah lain bahwa kerja bakti tetap diadakan. Alhamdulillah, jamaah mulai berdatangan. Nggak hanya orangtua, juga termasuk anak-anak.

Selesai kerja bakti jam 11, dilanjut dengan makan siang bersama. Sudah ada yang menyiapkan nasi hangat, goreng ayam, sayur nangka dan sambal. Juga kue-kuenya. Nikmatnya saat makan siang bersama. Duduk lesehan di lantai masjid. Sambil merasakan suasana masjid yang lebih bersih dan cerah setelah dicat ulang. Pulangnya masih dapat bonus. Masing-masing orang dipersilakan membawa lauk, sayur dan kue yang disediakan panitia.

Iklan

4 pemikiran pada “Nikmatnya Kerja Bakti dan Makan Bersama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s