Ketika Nadia harus Tes SBMPTN di Jogja

Selama anak saya yag pertama, Nadia, berada di Pontianak, jarang sekali saya komunikasi dengannya via whatsapp. Sesekali hanya telpon atau SMS. Menanyakan kabarnya atau kegiatannya di sekolah. Namun semuanya itu berubah ketika Dea, nama panggilannya, memutuskan untuk ikut tes SBMPTN di Jogja.

Setelah tidak diterima di PTN melalui jalur SNMPTN, dia mencoba lagi menggunakan jalur SBMPTN. Karena pilihan fakultasnya semua berada di wilayah II, dia harus mengikuti tes di salah satu kota yang PTN-nya termasuk wilayah II.

Bisa saja dia tetap tes di Pontianak, asalkan salah satu pilihan fakultasnya berada di PTN yang termasuk dalam wilayah I, baik di Sumatera, Banten, DKI Jaya , Jawa Barat maupun Kalbar.

Seminggu sebelum berangkat ke Jogja, saya sering ingatkan dia supaya jaga kondisi kesehatan. Usahanya untuk diterima di PTN begitu besar. Setelah UN, hampir setiap hari dia mengikuti les di lembaga bimbingan belajar di Pontianak.  Ikut try out, belajar lagi di rumah. Bahkan saya pernah melihat dia belajar hingga larut malam.

Ketika perjalanan dari Pontianak ke Jogja, saya tidak bisa mengantar. Demikian juga ibunya yang tidak bisa ke Jogja karena mendampingi anak bungsu, Nabil, yang menghadapi ulangan. Meski nggak bisa mengantar, komunikasi saya dengannya tetap lancar. Setelah saya kirim pesan lewat whatsapp menanyakan apakah sudah sampai di Jogja, rasanya nggak sabar menunggu balasannya.

Demikian juga ketika menanyakan apakah dia sudah melihat lokasi tesnya, mengingatkan perlengkapan yang harus dibawa saat tes seperti pensil, pulpen, penghapus dan kartu peserta tes. Hal-hal kecil yang jarang saya perhatikan ketika dia berada di Pontianak.

Dan hari ini, setelah mengukti tes SBMPTN, dia mencoba lagi kemampuannya di jalur Ujian Tulis (UTUL) yang dilaksanakan secara mandiri oleh UGM. Saya hargai usahanya, upaya belajar keras yang telah dilakukannya. Ibunya juga tak lupa minta supaya dia berdoa selain belajar. Semoga engkau diterima di fakultas dan PTN yang engkau idam-idamkan, Nak.

7 pemikiran pada “Ketika Nadia harus Tes SBMPTN di Jogja

Tinggalkan Balasan

