Semoga Tes Kali ini Engkau Berhasil, Nak

“Minta doa restunya ya, Pa, semoga Dea lancar mengikuti tes UNY hari ini,” kata Nadia dalam pesan WA-nya pagi ini.

Hari ini, sudah yang kelima kalinya Dea ikut tes masuk perguruan tinggi. Pertama waktu ikut jalur SNMPTN belum diterima. Mencoba ikut tes SBMPTN juga belum lolos. Yang ketiga mencoba lagi jalur UTUL UGM, masih belum berhasil. Keempat berusaha ikut jalur penerimaan siswa prestasi UNY yang syaratnya mengunggah nilai raport semester 1-5. Itu juga belum tembus. Kali ini dia ingin mencoba lagi lewat jalur tes tertulis. Semua dengan pilihan fakultas atau program studi yang sama, Psikologi.

Pada awal dia nggak diterima lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN, dia sempat down dan balik ke Pontianak. Tapi mamanya, saya juga tante dan oomnya menyemangati supaya dia mencoba lagi. Apalagi ketika tantenya yang di Jogja bilang”welcome to the real life’.

Ya, inilah kehidupan yang nyata yang harus dijalani Dea. Ilmu kehidupan yang harus dia alami untuk membentuk sikapnya, tantangan di depan mata yang harus dia atasi. Semua tak hanya memerlukan ikhtiar dan kemampuan dirinya. Namun upaya-upaya spiritual juga harus dilakukan. Apa saja itu? Minta maaf sama orangtua terutama ibu, seperti yang dibilang teman tantenya.

Saya bisa rasakan bagaimana perasaan Dea ketika sudah mencoba meraih apa yang dicita-citakan ternyata belum berhasil. Untungnya dia nggak berlama-lama sedih. Meski dengan berat hati, dia berusaha kembali ke Jogja. Mentalnya bangkit lagi dan di luar dugaan saya, beberapa hari lalu menelepon untuk minta maaf atas kesalahannya.

Hampir saya tidak kuasa membendung air mata yang keluar ketika dia minta maaf dengan suara yang pelan.

“Dea minta maaf ya, Pa, kalau ada salah”

“Ya,  papa maafkan kesalahan Dea. Semoga Dea lancar waktu ikut tes UNY. Baiknya Dea juga telpon mama untuk minta maaf dan minta doanya,”kata saya.

Ternyata, ketika dia berada jauh dari saya dan mamanya, sikapnya sudah mulai dewasa. Kehidupan nyata yang dia jalani setelah empat kali gagal lolos tes telah mengubah mental dan pola pikirnya.

2 pemikiran pada “Semoga Tes Kali ini Engkau Berhasil, Nak

  1. Semoga Dea diterima ya Mas. Pokoknya diberi jalan terbaik untuk masa depannya lewat jalur apa pun itu. Berat ya Mas berjauhan sama anak beda pulau. Pilihan jurusannya mantab, moga dimudahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s