Nyaris Tertipu Akun Facebook Temanku yang Disalahgunakan

“Ini saya lagi ada keperluan mendadak. Punya sms banking, nggak?”

Kalimat itu muncul di layar obrolan facebook beberapa hari lalu. Dari salah satu teman di kantor pontianak yang sedang online. Tumben pagi hari sudah ngajak saya ngobrol. Biasanya nggak pernah dia ngobrol lewat facebook apalagi urusan pinjam uang. “Kenapa nggak telepon atau sms saya”kata saya dalam hati

Saya bilang,”Mbak di Jogja, ya”. Saya menebak seperti itu, karena terakhir kali saya baca update statusnya sedang liburan di Jogja.

“Mungkin dia sedang kesulitan uang di sana”pikir saya. Saya jelaskan kalau saya lagi di camp dan supaya hubungi teman di kantor di Pontianak kalau ada kesulitan uang.

Cuma waktu itu saya curiga karena baru mulai ngobrol kok kalimatnya to the point. Teman sih teman, tapi kok kalimatnya janggal. Nada kalimatnya menodong. Biasanya kalau buka obrolan atau chatting, saya tanya dulu gimana kabarnya atau  ucapkan selamat ultah atau ucapan lain sebagai pengantar obrolan, tapi teman yang satu ini kok lain. Nggak tanya kabar saya atau basa basi tanya dimana posisinya, tapi langsung tanya punya sms banking atau nggak. Aneh. Ok, dia ada keperluan mendadak, tapi kok minta tolongnya seperti itu sih. Nggak ada etikanya.

Setelah saya balas, saya sign out dari facebook dan meneruskan kerja. Nggak saya lanjutkan lagi obrolannya. Waktu siangnya, saya buka lagi facebook dan dia nggak nerusin juga obrolannya. Mungkin dia sudah hubungi teman di kantor Pontianak  untuk pinjam uang.

Beberapa hari berlalu dan di facebook ada beberapa orang yang minta di add sebagai teman, namun belum saya tanggapi. Salah satu diantaranya adalah mbak tadi yang nama belakangnya sudah berganti.

Pagi tadi, saya terima permintaannya sebagai teman setelah saya telusuri wallnya. Saya cek teman bersamanya. Sebagian besar teman-teman di kantor pontianak dan di camp. Berarti dia memang mbak yang kemarin minta kirim uang itu. Tapi kenapa akunnya ganti?

Pertanyaan saya terjawab ketika saya baca status terbarunya:

“Buat teman-teman fb, kalau ada permintaan apapun dari akun saya yang lama, jangan ditanggapi karena akun saya dihack”

Ya Robbana, rupanya akun dia yang lama dibajak  dan disalahgunakan untuk menipu teman-temannya yang lain.

 

 

Tinggalkan Balasan

