Diterima di Kelas IPA, Ingin Pindah ke Kelas IPS

Di SMU tempat Aysha tahun ini mendaftar, penentuan siswa masuk kelas IPA atau IPS sudah dimulai sejak awal kelas 10. Setelah siswa diterima selanjutnya diadakan tes untuk penentuan kelasnya. Ada 9 klas IPA dan 3 klas IPS untuk penerimaan siswa tahun ini.

Sesuai hasil tes, Aysha diterima di kelas IPA, tapi dia nggak sreg dengan jurusan itu. Dia bilang ke mamanya dan ingin pindah ke IPS karena ada pelajaran di kelas IPA yang nggak dia kuasai.

Diskusi pun terjadi antara Aysha, mamanya dan saya. Bisa saja kami berdua meminta supaya dia tetap masuk kelas IPA sesuai hasil tes, tapi apakah anaknya bisa menikmati belajar di kelas IPA? Bagaimana waktu dia belajar mata pelajaran yang tidak dikuasai?

Kami berpendapat, yang menjalani proses belajar mengajar itu Aysha dan bukan orangtuanya. Jadi kalau terpaksa memilih kelas IPA apakah nantinya tidak akan menjadi beban baginya? Apalagi dia punya rencana ingin masuk PTN lewat jalur SNMPTN yang mempersyaratkan nilai rapor yang stabil sejak semester 1-5.

Dia juga melihat kakaknya yang dulu dari kelas IPA, akhirnya waktu SNMPTN maupun SBMPTN memilih program studi berlatar belakang IPS.

“Kalau kamu mau pindah ke kelas IPS, alasannya harus jelas. kamu nanti setelah lulus mau kuliah dimana, cita-citamu mau jadi apa”kata mamanya

“Caca ingin kuliah di ilmu komunikasi, Ma”jawabnya

Akhirnya hari Sabtu dua hari yang lalu mamanya  ke sekolah menyerahkan surat pernyataan Aysha pindah kelas ke gurunya.

“Temanmu yang pindah kelas ada berapa orang, Ca?”tanya mamanya

“Yang dari IPA pindah ke IPS ada lima. Yang dari IPS mau ke IPA lebih banyak lagi, puluhan anak”

“Lho, kalau jumlah anak IPS yang ingin pindah lebih banyak gimana milihnya?”

“Dites lagi, Ma, yang masuk 5 besar itulah yang bisa pindah kelas. Sesuai jumlah anak IPA yang pindah ke IPS”jawab Aysha

Saya baru tersadar, rupanya hasil tes penentuan kelas IPA atau IPS untuk siswa SMU belum final. Hasil tes itu masih perlu dibicarakan lagi sama anak-anak. Pendapat mereka perlu didengarkan. Kami sebagai orangtua nggak bisa lagi bersikap memaksakan pilihan buat anak. Nggak bisa lagi bilang,”Pokoknya kamu harus masuk kelas IPA”

 

 

2 pemikiran pada “Diterima di Kelas IPA, Ingin Pindah ke Kelas IPS

  1. Yg penting anaknya hepi pak. Masuk IPA atau IPS sama aja kok. Klo belajar dgn sungguh2 pasti nilainya bagus dan mudah masuk perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s