Mudah dan Nikmatnya Naik Kereta Api

Jpeg

Biasanya kalau mau ke Jogja atau Semarang, saya pakai pesawat yang langsung dari Pontianak. Pakai Express Air rute Pontianak – Jogja atau Kalstar dari Pontianak ke Semarang.

Tapi kepergian kali ini untuk memenuhi undangan pimpinan UNY bagi para orangtua mahasiswa baru, agak berbeda rutenya.

Pas ultah hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2016, saya ambil rute yang beda dengan biasanya. Dari Pontianak ke Jakarta dulu naik Sriwijaya Air, setelah itu lanjut dari Jakarta ke Jogja naik kereta api Taksaka. Kok malah muter sih, kan lebih jauh dan lebih mahal juga lebih lama? Iya kalau dihitung dari sisi waktu dan biaya memang lebih lama dan lebih mahal. Satu hal yang jadi pertimbangan saya, ingin menikmati pengalaman naik kereta api yang informasinya saat ini sudah lebih baik.

Jpeg

Jpeg

Saya ingin mengalami sendiri bagaimana proses naik kereta mulai dari beli tiket online, cetak tiket di stasiun, menikmati perjalanan sampai tiba di Jogja. Dan proses itu saya ikuti. Tiket kereta saya beli via aplikasi padicity di handphone. Isian di aplikasi satu persatu saya lengkapi. Setelah itu transfer bank 360 ribu rupiah. Selanjutnya saya dapat pemberitahuan via email yg berisi e-tiket dan kode bookingnya.

Jpeg

Dari rumah teman di Karawaci Tangerang ke stasiun Gambir, saya coba pakai aplikasi Grab. Sampai stasiun Gambir, saya menuju mesin cetak tiket, masukkan kode bookingnya dan tekan enter, setelah itu tercetak tiketnya. Karena keretanya berangkat jam 08.50 dan saat itu baru jam 07.00, saya masih ada kesempatan untuk minum teh dulu di salah satu gerai di stasiun.

Jam 8.15, saya dibantu porter menuju petugas pemeriksa tiket. Setelah mencocokkan tiket dan KTP, saya bergegas mengikuti porter menuju ke lantai dua jalur 3 tempat kereta Taksaka. Sekilas saya amati kondisi stasiun Gambir sangat bersih, rapi juga tertib. Toiletnya juga gak kalah dengan toilet bandara. Bersih.

Setelah sampai di tempat tunggu di samping jalur 3, sekitar jam 8.30 kereta Taksaka tiba. Langsung porter mengajak saya untuk masuk ke gerbong Eks 6. Nikmat juga suasana gerbongnya. Ada televisi yang menyiarkan informasi tentang kereta api, AC-nya lumayan sejuk. Toiletnya yang di depan dan belakang gerbong bersih dan air kerannya lancar mengalir. Yang bikin saya salut, kereta berangkat tepat waktu. Jam 08.50.

Informasi yang saya baca di internet dan media lainnya bahwa saat ini kondisi kereta api sudah jauh lebih baik itu memang benar. Pemesanan tiketnya, ketertibannya, kebersihannya semuanya saya kasih jempol buat PT KAI. Puassss deh bisa naik kereta api. Dan kepuasan hati seperti itu jauh lebih berharga bagi saya, karena setelah itu saya ingin bepergian naik kereta api lagi sekalian mengajak keluarga saat liburan anak sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s