Pertemuan yang Sangat Berkesan dengan Pimpinan UNY

Jpeg

Begitu profesional penyambutan jajaran pimpinan UNY saat pertemuan dengan orangtua/wali mahasiswa baru tanggal 21 Agustus yang lalu. Saya tidak menyangka bahwa acara pertemuan tersebut dikemas sangat bagus, resmi dan penuh suasana keakraban.

Tidak hanya jajaran pimpinan kampus mulai rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan sampai ketua jurusan yang menyambut para orangtua dengan antusias. Bahkan para sekuriti dan mahasiswa yang ditugaskan mengarahkan tamu pun terlihat begitu ramah dan sangat membantu.

Termasuk ketika saya yang pertama kali masuk ke kampus UNY dan mencari lokasi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Sekuriti yang saya tanya menjelaskan dengan sopan dan informatif. Juga adik-adik mahasiswa yang ditugaskan di pintu masuk fakultas, di dalam fakultas, di GOR, semuanya cukup sigap membantu orangtua murid.

Saat pertemuan di GOR, ada beberapa kata sambutan Rektor, bapak Prof. Dr. Rochmat Wahab yang sangat berkesan bagi saya. Beliau mengatakan bahwa keberhasilan putra-putri bapak ibu diterima di UNY tidak hanya karena faktor kepintaran atau kecerdasan. Keberhasilan tersebut juga karena doa-doa yang bapak ibu panjatkan saat sholat tahajud yang dikabulkan oleh Allah SWT.

Beliau cukup bijak dan mengingatkan yang hadir bahwa dalam mencapai keberhasilan, jangan melupakan peran orangtua dan kehendak Allah SWT. Di saat yang lain, beliau juga bercanda dan mengatakan bahwa mungkin bapak dan ibu diundang dan berkumpul di sini ada yang beranggapan akan disodori isian untuk mengisi sumbangan, termasuk juga nanti saat di fakultas. Geerrr, hadirin tertawa mendengar gurauan beliau

Jpeg

Pertemuan yang penuh keakraban tersebut tidak hanya di GOR, tapi pihak fakultas juga menerima kedatangan para orangtua/wali mahasiswa baru. Makan siang disiapkan di tempat ini, juga panggung dan tenda termasuk daftar hadir orangtua. Dengan demikian diketahui orangtua/wali mahasiswa baru yang hadir dan tidak hadir.

Sebelum sambutan dari dekan FIP, acara dimulai dengan nyanyian mahasiswi yang berpenampilan busana kebaya dan mahasiswa yang berpakaian lengan panjang. Beberapa lagu dinyanyikan bergantian. Ketika mereka berduet dan menyanyikan lagu “Yogyakarta”, spontan saya juga ikut bernyanyi.

Sampai-sampai beberapa dosen yang duduk di depan saya sempat menengok mendengar ada orangtua mahasiswa baru yang ikut bernyanyi. Nggak hanya itu, saya lihat penyanyi prianya juga menatap saya yang mungkin heran kok ada yang bisa mengikuti lagu itu. Lucunya, dia malah yang kadang-kadang lupa dengan syair lagunya terutama di bagian-bagian akhir. Itulah lagu kenangan yang masih saya ingat, karena saat lagu itu populer saya baru kuliah di Jogja.

Jpeg

Selesai penerimaan orangtua di tingkat fakultas, acara berlanjut lagi di tingkat program studi. Saya lihat dari dosen yang hadir semuanya wanita. Saya pilih duduk di barisan depan paling kanan supaya bisa mendengarkan penjelasan dengan jelas.

Di tingkat program studi ini, selain penjelasan dari ketua program studi psikologi juga diberikan kesempatan bertanya bagi orangtua murid. Pada saat ini saya menanyakan lebih lanjut mengenai pendidikan yang harus ditempuh untuk menjadi psikolog.

Dari sini saya baru mengetahui bahwa, lulusan program studi psikologi UNY bergelar S.Psi dan bukan S.Pd. Namun profesinya belum bisa disebut psikolog tetapi sebagai asisten psikolog. Untuk mendapatkan keahlian atau profesi psikolog harus menempuh studi lagi.

Pada kesempatan ini juga ibu ketua jurusan meminta agar para orangtua/wali ikut mendukung agar putra putrinya tidak hanya berprestasi akademik, namun juga dari sisi akademik. Ruang konsultasi antara orangtua dengan dosen pembimbing akademik juga dimungkinkan ketika dijelaskan bahwa orangtua bisa menghubungi lewat telepon atau email ketika ada permasalahan dengan putra-putrinya.

Sebuah pertemuan yang sangat mengesankan bagi saya. Meski orangtua mahasiswa baru disambut dengan formal, namun tidak mengurangi suasana keakraban yang muncul antara pimpinan UNY dan para orangtua.

4 pemikiran pada “Pertemuan yang Sangat Berkesan dengan Pimpinan UNY

  1. Anaknya dah mahasiswa, udah tambah tua yah bapaknya hehehehe… Sukses selalu buat si kakak. Tersentuh ama kata si rektor, semua mungkin karena tahajud yang kita panjatkan dan kehendak nya.

Tinggalkan Balasan

