Respon Hangat Dosen Blogger dari YOGYA

Awalnya saya tertarik dengan tulisan-tulisannya di blog. Isinya begitu detil. Tidak hanya membahas seputar keilmuannya di bidang teknik geodesi atau delimitasi batas maritim yang menjadi spesialiasinya, tapi dia juga menulis pengalamannya ketika melanjutkan studi ke luar negeri.

Tips-tips bagaimana seharusnya mahasiswa yang ingin mendapat beasiswa studi ke luar negeri. Apa saja persiapan yang perlu dilakukan sejak semester awal. Informasi apa saja yang harus dicari. Semuanya dijelaskan berdasarkan pengalamannya ketika melanjutkan studi S2 dan S3 di Australia. Termasuk bagaimana menjalin komunikasi yang baik antara mahasiswa dengan dosen pembimbing tesis dan disertasi.

Tak hanya itu, kepeduliannya terhadap mahasiwa juga cukup tinggi. Ini terlihat ketika saya membaca tulisannya yang mengisahkan seorang mahasiswa yang hampir drop out karena kiriman biaya kuliah dari pemerintah daerah asal mahasiswa tersebut tidak lancar.

Dia langsung merespon dengan menghubungi pihak kampus agar memberikan toleransi atas keterlambatan pembayaran biaya kuliah selama beberapa semester. Akhirnya setelah pihak kampus turun tangan, mahasiswa tersebut tetap bisa melanjutkan kuliah.

Sebagai dosen, dia juga sering diminta menjadi presenter dan moderator seminar di kampus maupun institusi lainnya. Pengalamannya itulah yang dia bagikan kepada para pembaca blognya, bagaimana seharusnya menjadi presenter yang menarik. Begitu pentingnya persiapan dan latihan berulang-ulang sebebelum seseorang melakukan presentasi. Semuanya diceritakan dengan begitu rinci.

Demikian juga ketika dia ditunjuk menjadi moderator. Semua pengalamannya mulai dari riset tentang profil pembicara, membuat slide untuk membantu menjelaskan riwayat hidupnya dan bagaimana seorang moderator bertugas dijelaskan dalam blognya. Apa yang harus dilakukan dan juga hal-hal yang perlu dihindari.

Meski saya karyawan perusahaan, tapi terus terang saya banyak mendapat ilmu dan pencerahan setelah membaca tulisan-tulisannya. Sungguh beruntung mahasiswa-mahasiswanya yang punya dosen blogger yang dengan senang hati dan gratis membagikan ilmunya.

Ketika saya berkomentar di postingan yang berjudul Memoderasi Susi, saya nggak mengomentari isi tulisannya, tapi hanya mengungkapkan keinginan untuk bertemu dia ketika menengok anak yang kuliah di Jogja.

Tak disangka, dia begitu responsif dan bilang,”Wah dengan senang hati mas Yudhi…Yuk kita ketemu 🙂 ..silakan email saya”

Respon yang mencerminkan seseorang yang rendah hati dan ingin bersahabat dengan siapa saja, tak terbatas hanya dari kalangan akademisi. Saya tidak merasa sedang berhadapan dengan seorang dosen S3 lulusan luar negeri, tapi seperti bertemu dengan teman yang sudah lama nggak berjumpa.

Saat saya ke Jogja, akan saya jadwalkan  khusus buat bertemu dengannya, blogger sekaligus Dosen Fakultas Teknik Geodesi yang juga Ketua Kantor Urusan Internasional UGM, Bapak I Made Andi Arsana. Ingin tahu lebih banyak tulisannya yang inspiratif, silakan klik 

Iklan

2 pemikiran pada “Respon Hangat Dosen Blogger dari YOGYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s