Mencari Anak Keriang untuk Umpan Anak Ayam

Dua hari ini, ada kegiatan baru di pagi hari yang saya kerjakan. Mencari anak keriang untuk makanan anak ayam. Setelah sholat subuh berjamaah di masjid, saya sempatkan mencari keriang-keriang muda yang hinggap di kasa ventilasi masjid. Keriang, tonggeret atau garengpung. Sejenis serangga yang biasanya mendekati lampu yang menyala dan memiliki suara melengking saat menjelang senja.

Tadi pagi empat anak keriang berhasil saya tangkap. Beda ketika kemarin beberapa kali gagal menangkap dan baru dapat setelah dibantu kawan yang sering jadi imam masjid. Caranya pakai sapu yang didekatkan ke serangga itu, dapat tiga ekor dan seekor belalang daun. Setelah itu saya masukkan kantong plastik dan saya bawa pulang ke mess.

Istirahat sebentar di kamar dan minum air putih hangat, setelah itu saya turun ke kandang ayam. Induk dan anak-anaknya mendekat begitu saya panggil dengan suara kur…kurrr….kurr… Sepertinya mereka tahu akan dapat makanan lezat di pagi itu.

Satu persatu anak keriang saya keluarkan dan sodorkan ke induk ayam…. Haaap, langsung disambar induk ayam yang jinak… Kemudian dia letakkan di tanah dan di patuk-patuk. Belum sampai dia memakan, datanglah satu per satu anaknya dan satu hal yang bikin saya terdiam. Ketika satu anaknya merebut anak keriang yang sudah nggak berdaya itu, induknya mengalah.

Demikian juga ketika anak keriang kedua, ketiga sampai keempat saya sodorkan ke induknya. Disambar terus dipatuk-patuk di tanah dan ketika anaknya yang lain datang, direlakannya anak keriang itu dilarikan anak-anaknya. Saya kira dia akan memakan anak keriang berikutnya bulat-bulat. Ternyata tidak, dia hanya makan sisa-sisa anggota badan anak keriang. Setelah anak-anaknya lebih dulu memakan serangga itu.

Luar biasa. Naluri seekor induk ayam untuk mengalah dan memberikan makanan bagi anak-anaknya…

 

2 pemikiran pada “Mencari Anak Keriang untuk Umpan Anak Ayam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s