Sebuah Lagu yang Membangkitkan Jiwa Kebangsaan

Lagu ini sering saya dengarkan karena isinya membikin saya bangga dengan Indonesia. Lagu Tanah Airku ciptaan ibu Sud yang sudah saya nyanyikan sejak SD dan sampai sekarang masih populer. Meski lagu lama, tapi iramanya juga masih enak didengarkan.

Sewaktu saya lihat lagu ini di YouTube, saya bayangkan betapa saudara-saudara kita yang berada di manca negara begitu rindu dengan nusantara. Kangen dengan kampung halamannya, budayanya, kulinernya, pemandangannya dan suasana keakraban khas negeri tercinta. Begitu rindunya saudara-saudara kita di Hamburg, Jerman, sampai-sampai mereka menyanyikan lagu ini dengan iringan angklung, mengenakan baju batik dan latar belakang tarian daerah.

Saya pernah punya gagasan, alangkah indah dan menyentuh hati jika lagu ini diputar di dalam pesawat Garuda Indonesia saat menjalani rute dari luar negeri ke Indonesia. Saat terbang dari negara eropa ke Jakarta atau dari Australia ke Denpasar.

Saat ini maskapai milik pemerintah itu sudah menyajikan pelayanan yang khas nusantara, mulai dari seragam pramugarinya, menu makanannya dan senyum keramahannya. Ditambah dengan memutar lagu Tanah Airku, lengkap sudah suasana Indonesia  di dalam pesawatnya.

Tanpa sadar, rasa kebangsaan dan kebanggaan saya akan nusantara muncul kembali setelah mendengar lagu ini.

Tinggalkan Balasan

