Berubah Sikap Setelah ke Tanah Suci

Jpeg

Ada sikap yang berbeda yang saya amati dari salah seorang teman kerja. Sejak pulang dari tanah suci dia sering sholat berjamaah di masjid. Datang di awal waktu dengan berjalan kaki saat shubuh dan isya, menghidupkan lampu di dalam masjid, mengumandangkan azan dan sholat sunnah terlebih dulu.

Terkadang dia juga menjadi imam sholat. Biasanya saat ke Pinoh atau tugas ke lapangan dia tidak hadir di mesjid. Padahal sebelumnya jarang sekali dia sholat berjamaah selain sholat Jumat dan sholat Hari Raya. Apa yang menyebabkan dia berubah?

Bisa jadi kepergiannya ke tanah suci bulan Agustus lalu telah mengubah dirinya. Hidayah dari Allah telah memperbaharui sikap dan tindakannya. Ibadah haji selama empat puluh hari telah membentuk kebiasaannya untuk berusaha sholat berjamaah di masjid. Spirit itu ternyata juga berimbas kepada teman-teman kerja lainnya. Yang sebelumnya jarang sholat berjamaah di masjid, sekarang saat maghrib, isya atau subuh mulai terlihat. Meski untuk menuju masjid mereka harus turun naik tangga.

Benar bahwa teman pergaulan sangat berpengaruh terhadap diri kita. Seperti yang dikatakan kanjeng Nabi Muhammad SAW,

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Sumber: http://muslim.or.id/8879-pengaruh-teman-bergaul.html

Iklan

4 pemikiran pada “Berubah Sikap Setelah ke Tanah Suci

  1. even garden

    Alhamdulillah teman Bapak sudah mendapatkan hidayah untuk berubah. sekarang setelah kita mengetahui kisahnya mari kita berubah menjadi lebih baik tanpa harus menunggu haji dulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s