Ketika Sebaiknya Pakai Baju Batik

Setiap hari, karyawan di kantor termasuk saya pakai pakaian seragam baju putih dan celana hitam. Mirip seragam mahasiswa yang ikut OPSPEK (Orientasi Program Studi dan Pengenalan Kampus). Kecuali kalau ke lapangan baru mereka ganti baju dengan baju lapangan.

Beberapa tahun sebelumnya beberapa bagian punya seragam yang berbeda. Karyawan kantor seragamnya putih biru tua, bagian logistik abu-abu, bagian pembinaan hutan baju krem dan celana hijau tua. Seragam itu dipakai mulai hari Senin sampai Minggu. Kecuali bagian Pendidikan yang selain memakai seragam putih hitam, pada hari tertentu memakai baju pramuka dan batik

Beberapa kantor lainnya, karyawannya juga diwajibkan memakai baju batik pada hari tertentu. Sementara saya dan teman-teman memakai batik hanya pada momen seperti  resepsi pernikahan dan perpisahan siswa SD.

Sewaktu rapat di kantor Pontianak,  saya dan beberapa teman serta pimpinan rapat juga pakai baju batik. Kalau berpergian naik pesawat, saya juga sering  pakai batik karena terasa lebih nyaman  dan menghormati orang lain yang bertemu di bandara maupun para kru udara.

Kemarin, waktu hadir di resepsi pernikahan keluarga teman kerja, saya juga pakai batik lengan panjang. Karena perjalanan camp – Pinoh dua jam, bajunya saya simpan di tas ransel. Batik lengan pendek saya pakai mulai berangkat sampai Pinoh. Teman kerja mengira saya juga akan pakai baju itu sewaktu hadir di resepsi.

Setelah sampai Nanga Pinoh, kami berdelapan makan siang dulu. Setelah itu ke bank, belanja, baru masuk hotel dan mandi.

Waktu berkumpul di lobi dan melihat teman-teman pakai batik, saya bilang,”Kita foto bareng dulu ya sebelum ke tempat resepsinya. Jarang-jarang kita bisa kumpul kayak gini”

Tinggalkan Balasan

