Karyawan yang Bekerja Melebihi Tanggung Jawabnya

“Gimana menurut pak Yudi, warna dindingnya setelah dicat?”tanya seorang rekan kerja

“Warnanya kalem pak, cocok sama warna lantainya”jawab saya.

Obrolan di atas terjadi ketika saya keluar kantor dan bertemu dengan rekan kerja yang sedang memantau pengecatan mess karyawan. Sejak mess karyawan kami direnovasi lebih dari sepuluh tahun lalu memang belum pernah dicat lagi. Warna lama dindingnya merah muda. Pintu dan jendelanya dicat putih.

Sekarang hampir semuanya sudah berubah. Dindingnya dicat coklat muda dan pintunya coklat tua. Hanya warna jendelanya yang masih tetap. Meski warnanya nggak ngejreng tapi kesannya malah lebih cerah dan segar dibandingkan sebelumnya.

Tidak hanya itu, warna pagar yang sebelumnya coklat tua juga diganti menjadi kombinasi coklat muda dan putih. Kesannya tidak lagi gelap tapi bertambah terang. Tiang-tiang lampu dan kotak sampah juga dicat dengan warna coklat. Plang di bawah atap yang sebelumnya kombinasi warna merah putih juga diganti dengan warna coklat susu dan coklat muda.

“Sebelumnya ada yang usul dicat warna biru, tapi saya pikir-pikir nggak cocok”ungkapnya.

Dia yang memberikan perintah ke staf bagian umum yang ditugasi mengawasi pekerjaan karyawan harian kantor mengecat ulang mess karyawan.

Meski bertugas di bagian keuangan, saya melihat dia cocok dengan ide-ide menata dan merawat bangunan, termasuk memilih warna apa yang sesuai untuk pengecatannya. Bahkan pernah bilang juga kalau ada teman-teman lain yang mau memberi saran untuk perbaikan dan pembenahan lingkungan, silakan saja. Nanti dia yang akan pertimbangkan dan kalau sesuai akan dikerjakan.

Sungguh senang apabila ada rekan kerja yang punya perhatian seperti itu untuk kerapian dan kebersihan lingkungan kerja. Punya kepedulian membantu bagian lain agar lingkungan kerja dan tempat tinggal karyawannya lebih terawat. Yang jelas, kalau tempat kerja juga lingkungannya rapi dan bersih, kita pun yang kerja juga ikut nyaman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s