Selawase Tetep Sedulur

Reuni memang indah. Ketemu teman-teman lama memang asyik. Ketulusan dalam melayani. Keikhlasan dalam berbagi. Seperti itulah kesan yang saya alami ketika hadir di reuni angkatan 86 SMPN5 Cirebon. Bertemu dengan teman-teman dan guru-guru setelah 30 tahun lebih berpisah.

Baru sampai di Jakarta, teman yang tinggal di Cikarang sudah menelpon,”Sudah dapat tiket kereta belum Yud?”. Saya bilang,”Makasih bro, saya sudah beli tiket keretanya online”.

Belum lagi sampai di Cirebon, waktu kereta berhenti di stasiun Arjawinangun, May, teman cewek juga nelpon dan tanya sudah sampai mana. Dia bilang kalau sampai stasiun Cirebon tunggu ya, nanti dijemput.. Dan benar, saya dijemput 4 orang teman yang cewek semua. Mereka kaget, sebelum masuk mobil satu persatu saya masih kenali dan sebut namanya. May, Lely, Lina dan Hamidah….

“Nginap dimana Yud?”tanya May

“Di hotel Langensari dekat SMP 1″jawab saya. Mobil pun meluncur ke hotel.

“Habis check in hotel, ikut ke tempat futsal ya, Teman-teman lagi kumpul di sana”jelasnya lagi.

Sehari sebelum reuni tanggal 26 Maret, teman-teman adakan pertandingan futsal. Di tempat itulah saya lihat mereka lagi setelah lama berpisah. Sebagian besar wajahnya dan namanya masih saya kenal, tapi ada juga yang sudah lupa sama sekali.

Setelah futsal, malamnya diajak lagi mampir ke tempat reuni di hotel Bentany, lihat persiapannya. Setelah itu lanjut kuliner mie koclok di jalan Lawanggada. Makan lesehan  di emperan jalan sambil menikmati wedang ronde. Nggak selesai sampai di situ, selesai makan malam ada teman yang ngajak karaokean bareng. Benar-benar padat acaranya.

Pagi hari tanggal 26 Maret, sebelum acara reuni jam 10, saya sempatkan jalan kaki ke Masjid At Taqwa, sholat subuh berjamaah. Setelah itu melihat-lihat alun-alun Kejaksan. Jalan Siliwangi sudah mulai ramai dengan para pedagang dan orang-orang yang berolahraga saat Car Free Day (CFD).

Saat check out dari hotel, karena jalan tertutup untuk kendaraan bermotor saat, saya harus jalan kaki menenteng koper sampai ke tempat teman yang jemput di pertigaan jalan Kapten Damsur dekat SD Kebon Baru. Setelah itu baru sama-sama meluncur ke hotel.

Sampai di hotel, dapat suvenir dari panitia : kaos dan mug yang ada tulisan reuninya. Tiap peserta diberi tag nama yang ditempel di dada. Sesuai arahan dari ketua panitia yang malam sebelumnya disampaikan, saya kebagian tugas jadi penerima tamu di lobby hotel. Tugasnya menerima guru-guru yang datang. Wah, kebetulan sekali, bisa bertemu dan menyapa guru-guru secara khusus. Panitia juga sudah mengatur ada teman-teman lainnya yang bertugas menjemput guru di rumahnya dan mengantar ke hotel. Juga mengantar kembali pulang ke rumahnya.

Yang bikin saya salut, sebelum acara reuni, ada teman-teman yang tergabung dalam tim blusukan yang tugasnya mencari teman-teman yang hilang kontak. Datangi rumahnya, kalau sudah pindah tanya keluarganya atau tanya pak RTnya. Ada juga yang ke kantornya atau sekolah tempatnya mengajar. Setelah bertemu, fotonya diunggah ke grup WA. Nomor HPnya ditambahkan juga. Makasih banya buat Sri Sulastri, Sri Jepang, Encang Udin, Rahadi dan teman-teman lainnya yang penuh semangat dan ikhlas mencari teman yang “hilang”

Beberapa perwakilan teman berkunjung ke rumah guru, silaturahmi menyampaikan undangan reuni dan memberikan bingkisan. Nggak hanya itu, Ida Farida dan Nining Nursahita mewakili teman-teman juga menyerahkan bantuan ke almamater berupa Al Quran dan tenda yang diserahkan  saat upacara bendera hari Senin di halaman SMP5 Cirebon.

Waktu acara reuni, 105 teman hadir dari total angkatan 86 yang berjumlah 200-an. Guru-guru yang diundang, yang bisa hadir tujuh orang. Peserta reuni duduk melingkar di beberapa meja. Saya berpindah-pindah. Setiap ketemu teman yang saya kenali saya sapa dulu.

Meriah sekali acaranya, apalagi ketika pihak event organizer membuat games yang menarik dan mengakrabkan peserta reuni. Seperti setiap meja anggotanya yang bawa uang logam disuruh menghitung. Yang paling banyak nilainya dalam rupiah kelompok itulah yang menang.

Ada juga diminta menghitung jumlah anak perempuan dalam kelompok tersebut. Yang paling banyak jumlahnya kelompok itu yang menang. Dan game inilah yang dimenangkan oleh kelompok kami, karena pesertanya punya total anak perempuan 26 orang.

Yang bikin kejutan ketika seorang guru, Bu Tati, setelah menyanyi diminta menyebut angka yang ada di daftar hadir untuk diberikan door prize. Beliau menyebut angka 68, dan ketika panitia melihat di daftar hadir reuni nomor 68 itu adalah nama saya… alhamdulillah saya dapat door prize blender. “Rejeki buat yang datang dari jauh, Yud”komentar seorang teman

Acara diakhiri sekitar jam 2 siang. Setelah menyanyikan lagu kemesraan, para peserta saling bersalam-salaman. Ada beberapa teman yang menangis terharu, karena belum tahu kapan bisa reuni lagi.

Selesai acara, saya pun pamit dan ada teman dari Cikarang, Makhmud yang mengantar sampai ke stasiun Kejaksan. Sampai disana sekitar jam 4 sore. Waktu menunggu di stasiun, bertemu dengan Hamidah dan Nunung yang rupanya mengantar teman juga. Ditanya sama Hamidah, “Sudah makan belum Yud?”. Setelah saya jawan belum, ditanya lagi mau makan dimana. Saya bilang kuliner empal gentong ya yang dekat sini.

Pilihan jatuh ke empal gentong di Krucuk. Keinginan menikmati kulier khas Cirebon, empal gentong dan tahu gejrot akhirnya terpenuhi. Makasih ya friend…Selesai makan diantar lagi ke stasiun dan di sana waktu maghrib bertemu lagi dengan Saptono yang datang bersama istri dan anaknya. Rupanya mereka sengaja datang untuk bertemu sebelum saya pulang.

Ah, betapa indahnya persahabatan. Meski baru bertemu lagi dan waktunya singkat, rasanya akrab sekali. Apalagi ketika salah satu teman bilang,”Nanti liburan ke Cirebon lagi Yud, ajak keluarga ke sini. Ditunggu lho”… Rasanya pengin lagi deh ke Cirebon…

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s