Ilmu itu Dikejar, Bukan Ditunggu

“Yang namanya ilmu itu harus dicari, dikejar dan bukan ditunggu. Bapak  dan ibu yang hadir di majelis ini niatkan untuk mencari ilmu dan silaturahmi karena Allah SWT. Apalagi yang mengisi taushiyah nanti pak Ustadz Ahmad Naufal yang jauh-jauh datang dari Pontianak. Inshaa Allah membawa berkah.” Demikian kata wakil perusahaan saat memberikan sambutan peringatan Isra Mi’raj di camp Minggu malam (23/4) lalu.

Pak ustadz menjelaskan manfaat dan keutamaan sholat khususnya sholat berjamaah di masjid khususnya bagi bapak-bapak. Manfaat dari sisi fsik yang dapat menyehatkan badan, karena tiap hari rutin jalan kaki dari mess ke masjid pergi pulang. Menurut ilmu kesehatan, jalan kaki adalah jenis aktivitas yang baik bagi kesehatan bila dilakukan secara rutin.

Tak hanya itu, dari sisi spiritual setiap langkah kaki kanan kita dari rumah ke masjid bernilai pahala dan langkah kaki kiri kita akan menghapuskan dosa-dosa. Apalagi bila kita datang ke masjid di awal waktu, melaksanakan sholat tahiyatul masjid ditambah sholat sunah qobliyah.

Bagi karyawan yang karena kesibukannya sehingaa jarang bertemu, sholat berjamaah juga menjadi wadah untuk bersilaturahmi dan terbukanya pintu-pintu kebaikan. Jika selama jam kerja, karyawan berkomunikasi lebih sering menggunakan aiphone dan handphone, sholat berjamaah membuka peluang untuk bertemu, bertutur sapa, menanyakan kabar keluarga dan teman kerja.

Memang saat ini ada media online dan internet yang bisa membantu kita mencari ilmu yang kita perlukan. Kita bisa belajar setiap saat tanpa kendala jarak dan waktu, sepanjang di tempat tersebut ada sinyal internet. Namun demikian, datang dan tatap muka langsung juga penting karena nuansa dan rasanya berbeda.

Acara yang diadakan pengurus masjid Al Adh ha bekerjasama dengan ibu-ibu majelis taklim  dan guru-guru SDS Sari Lestari itu berjalan lancar dan dihadiri sekitar 150 jamaah. Karyawan dan keluarganya terlihat memenuhi bagian dan selasar masjid. Acara yang dirancang sekaligus dengan wisuda TPQ santriwan dan santriwati TK dan SD Sari Lestari.

Yang saya syukuri adalah adanya progres setelah acara tersebut. Dampak setelah menerima ilmu tentang keutamaan sholat berjamaah di masjid.

Setelah hadir di acara tersebut, besoknya terlihat anak-anak dan bapak-bapak yang sholat berjamaah meningkat. Khususnya saat Maghrib dan Isya. Untuk waktu subuh dan dhuhur masih belum sebanyak kedua waktu sholat yang lainnya, sementara saat ashar yang masih belum istiqomah.

Semoga Allah SWT menjaga langkah dan niat kita untuk senantiasa berada di jalanNya. Terutama niat dan langkah untuk sholat berjamaah di masjid. Aamiin

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s