Terharu Ketika Menghadiri Pelepasan Siswa-siswi kelas 6 SDS Sari Lestari

Tiada kata terlambat untuk belajar”

Itulah tema yang dipilih ketika pelepasan siswa-siswi kelas 6 SDS Sari Lestari yang diadakan tanggal 20 Mei lalu dan bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Setiap tahun acara tersebut diadakan pihak sekolah dengan mengundang para orangtua siswa kelas 6 dan beberapa perwakilan bagian. Saya termasuk salah satu yang diundang dan sekaligus diminta memberikan sambutan mewakili pimpinan peruahaan.

Pada tahun 2017, ada 15 siswa-siswi SDS Sari Lestari yang menamatkan pendidikan di sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1999. Setelah itu, mereka akan melanjutkan sekolah ke Nanga Pinoh, Sintang atau kota-kota lainnya tempat asal orangtuanya.

Suasana pelepasan siswa juga diisi dengan penampilan murid-murid TK dan siswa-siswi kelas 1 s/d kelas 5. Ada yang menampilkan tarian dengan diiringi lagu-lagu daerah, tarian modern dengan iringan musik pop, vocal grup yang menyanyikan lagu Pahlawan Tanpa Tanda Jasa dan ucapan terima kasih dari perwakilan kelas 6 dan orangtua siswa.

Setelah acara gerak dan lagu selesai, anak-anak kelas 6 diminta berdiri di panggung di depan masing-masing orangtuanya. Saat itulah banyak siswa dan orangtuanya yang terisak-isak ketika satu per satu guru dan karyawan menyalami mereka. Raut muka sedih tampak ketika mereka harus berpisah dengan guru-guru yang telah mendidik mulai dari TK sampai SD.

Setelah orangtua dan siswa-siswa turun dari panggung, acara berikutnya adalah ramah tamah. Acara tersebut diisi oleh kepala sekolah, Bapak Heri Kiswanto, S.Pd yang menyanyikan lagu campursari. Suaranya merdu, selaras dengan musik yang mengiringinya.

Giliran berikutnya saya tampil menyanyikan lagu yang sebelumnya dipesan oleh salah satu orangtua murid.

“Nanti waktu perpisahaan, request lagu Kemesraan, Pak”kata seorang bapak orangtua murid di kantor sehari sebelum acara.

Suasana haru saat perpisahaan kian terasa ketika secara spontan saya menyanyikan lagu tersebut yang dipopulerkan oleh Iwan Fals dan beberapa penyanyi lainnya. Beberapa siswa kelas 6 yang kembali berada di panggung melambaikan tangannya ke arah hadirin dan menangis.

Sebuah acara yang sederhana, diadakan di halaman SD, namun begitu membawa kesan yang mendalam bagi semuanya.

 

 

Iklan

2 pemikiran pada “Terharu Ketika Menghadiri Pelepasan Siswa-siswi kelas 6 SDS Sari Lestari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s