Munzalan Ashabul Yamin, Ponpes Modern di Tengah Pemukiman Warga

Sewaktu di camp di awal Ramadhan dan ngobrol  santai di masjid dengan ustadz yang datang dari Pontianak, saya bercerita tentang ustadz Lukmanul Hakim, Pengasuh Ponpes Munzalan Ashabul Yamin, Kubu Raya.

Sebelumnya saya sudah baca buku karyanya yang berjudul Mustahil Miskin. Saya juga mendengar dari istri kalau ustadz Lukmanul Hakim sering mengisi pengajian Adh Dhuha di masjid Mujahidin Pontianak. Pengajian yang jamaahnya ibu-ibu semua.

Terbersit dalam hati ingin sekali datang dan silaturahmi ke Ponpesnya. Niat itu akhirnya kesampaian sewaktu saya ke Pontianak  sekitar dua minggu lalu. Setelah mengikuti rapat selama dua hari,  Sabtunya saya dan istri bersilaturahmi ke ponpes yang berada di tengah pemukiman tersebut. Istri berniat menyerahkan sumbangan uang untuk gerakan sedekah beras yang akan disalurkan bagi anak-anak panti asuhan.

Setelah bertemu dengan pengurus Baitul Maal Tamwil  (BMT) yang menerima sedekah tersebut, kami melihat-lihat suasana sekitar ponpes. Di masjid sedang ada kajian, jadi kami nggak masuk. Ada yang unik dari bangunan masjidnya. Bentuknya seperti kapal. Ada juga Radio Munzalan yang berada di sebelah BMT. Di seberang masjid.

Ponpes berada di tengah-tengah pemukiman warga. Membaur dengan warga sekitar. Bahkan ada terpal memanjang yang dipasang di sepanjang jalan di depan ponpes. Lingkungannya juga bersih, tertata rapi dan petugas yang melayani juga ramah-ramah. Rasanya betah ingin berlama-lama di situ.

Sayangnya waktu itu kami nggak bertemu dengan Ustadz Lukmanul Hakim. Ingin sih, kenalan dan ngobrol-ngobrol dengan ustadz lulusan Gontor tersebut.

Semoga di kesempatan selanjutnya bisa silaturahmi lagi ke ponpes modern itu.

Iklan

4 pemikiran pada “Munzalan Ashabul Yamin, Ponpes Modern di Tengah Pemukiman Warga

  1. Gadung Giri

    semakin menambah khazanah type pondok pesantren. semoga bisa semakin membumikan pondok pesantren di lingkungan sekitar dan semakin mencerahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s