Menyerap Semangat dan Daya Juang dengan Hadir di Upacara HUT RI ke-72

Terkadang ada teman kerja  yang berkomentar, “Untuk apa sih ikut upacara 17 Agustus?”

Sebuah pertanyaan yang bagi saya cukup penting, karena kalau kita tahu tujuan mengikuti suatu kegiatan, pasti dengan senang hati akan kita lakukan. Mungkin teman itu belum tahu tujuan dan manfaat hadir di upacara yang dilaksanakan setahun sekali itu.

Bagi saya, mengikuti upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI  tidak hanya sekadar hadir secara fisik di lapangan. Namun ada jalinan rasa kebersamaan sebagai bangsa yang hadir di momen itu. Ada semangat dan rasa syukur ketika sang Merah Putih dikibarkan dan lagu Indonesia Raya dinyanyikan.

Saya memahami mengapa Susi Susanti, peraih medali emas bulutangkis tunggal putri olimpiade Barcelona tahun 1992, sampai menitikkan air mata ketika berdiri di podium menyaksikan bendera Merah Putih dinaikkan dan berkumandang lagu Indonesia Raya. Sebuah perjuangan yang tidak mudah untuk mengibarkan sang Merah Putih.

Tak hanya lagu Indonesia Raya. Ketika siswa-siswi SDS Sari Lestari menyanyikan lagu Tanah Air, suasana hening dan peserta hanyut dalam rasa haru. Saya yang berdiri di barisan belakang karyawan mendengar beberapa teman spontan ikut menyanyikan lagu tersebut. Saya pun ikut bernyanyi mengikuti irama lagu dengan suara tercekat.

Menyerap semangat dan daya juang para pahlawan yang ikhlas berjuang itulah yang mendasari saya usahakan hadir dalam upacara tersebut. Menghargai para pejuang bangsa yang tak pernah hitung-hitungan mengorbankan harta, jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia. Mengikuti upacara hari Kemerdekaan bagi saya bermanfaat untuk memotivasi diri agar lebih bersemangat dan berdaya juang dalam beraktivitas.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s