Dapat Bis Pengganti yang Lebih Nyaman Setelah Penundaan Keberangkatan

Terkadang suatu kejadian yang awalnya nggak mengenakkan bagi diri kita, ada satu hikmah yang terasa indah di bagian akhirnya.

Seperti halnya yang saya alami ketika bepergian dari Pontianak ke Nanga Pinoh selesai menjalani cuti tahunan. Ketika menelepon perwakilan bis A yang biasa saya tumpangi, tiba-tiba ada hambatan.

Yang pertama,  waktu saya telepon nadanya sibuk. Saya coba lagi telepon, masih terdengar nada sibuk. Nomor yang saya hubungi adalah nomor kantor perwakilan bis tersebut. Pasti ada orang lain yang menghubungi terlebih dahulu.

Beberapa jam kemudian saya telepon lagi, Terdengar nada sambung, tapi nggak ada yang mengangkat dan menjawab. Saya tutup telepon. Mungkin petugasnya sedang tidak ada di ruangan. Saya hubungi lagi dan masih sama, belum ada respon.

Akhirnya saya terpikir untuk menghubungi nomor telepon agen bis lainnya. Saya hubungi agen bis B. Sekali telepon, langsung terdengar nada sambung dan dijawab. Saya pesan dulu tiketnya. Sehari sebelum berangkat saya datang  ke agennya dan ambil tiketnya. Sudah beres urusan beli tiket bis dari Pontianak ke Pinoh.

Sesuai tanggal keberangkatan, saya sudah datang di agen 15 menit sebelum bis berangkat. Dijadwalkan jam 19.00 bis berangkat. Sudah banyak penumpang menunggu.

Ketika saya menanyakan ke mbaknya di bagian pemesanan tiket, saya dikasih tahu kalau saya ikut bis yang kedua. Rupanya malam itu ada dua bis jurusan Pinoh yang berangkat. Beberapa menit kemudian ada informasi yang tidak menggembirakan. Mbaknya memberitahukan ke penumpang bis yang kedua, kalau bisnya mengalami kerusakan. Walah…

Satu jam berlalu, belum ada kepastian apakah bisnya sudah selesai diperbaiki atau belum. Sampai hampir jam 9 malam akhirnya ada berita. Untuk mengurangi resiko kecelakaan dan mengutamakan keselamatan penumpang akhirnya bis yang kedua ini nggak jadi diberangkatkan. Penumpang jengkel dan minta kepastian keberangkatan. Dijawab oleh mbaknya sedang diusahakan cari bis lain untuk menggantikan bis yang rusak itu. Karena bis pengganti belum datang, snack yang biasanya dibagikan di dalam bis pun dibagikan ke penumpang di ruang tunggu.

Dan alhamdulillah ada jawaban bis pengganti itu ada. Mbaknya bilang kalau perusahaan harus carter bis C  dari perusahaan lain untuk memberangkatkan penunpang. Bersyukur pihak perusahaan masih tanggung jawab dan nggak membiarkan penumpang menunggu lebih lama lagi.

Akhirnya jam 9 malam bis pengganti pun berangkat. Saya merasakan interior bis pengganti itu lebih baik. Kursinya lebih lebar dan jarak antar kursi lebih luas. Kelihatannya bisnya lebih baru daripada bis yang biasa saya naiki sebelumnya. Supirnya juga mengemudikan bis dengan tenang, nggak ngebut dan dan tarifnya pun lebih murah 35 ribu.

Merasakan pengalaman naik bis pengganti yang nyaman dan banyak nilai plusnya itulah saya sekarang memilih bis itu untuk perjalanan Pontianak – Pinoh PP.

Berawal dari peristiwa nggak mudahnya menghubungi perwakilan bis langganan sampai penundaan keberangkatan bis, ada pelajaran yang saya dapat. Yang awalnya hal itu saya anggap sebagai kesulitan dan hambatan, kalau kita berikhtiar dan sabar akhirnya justru membawa manfaat dan keberuntungan.

4 pemikiran pada “Dapat Bis Pengganti yang Lebih Nyaman Setelah Penundaan Keberangkatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s