Pemandangan Indah di Pantai Kijing Mempawah

Meski sudah pernah berlibur ke pantai Pasir Panjang dan Sinka Island di Singkawang yang jarak tempuhnya lebih jauh, ke pantai Kijing di Mempawah yang lebih dekat malah belum pernah.

Sampai ketika libur lebaran Idul Fitri lalu, saya dan keluarga memutuskan berlibur di pantai yang waktu tempuhnya sekitar 2 jam dari Pontianak itu.

Menyewa Avanza Veloz yang tarifnya 500 ribu per 12 jam tanpa sopir, kami berenam berangkat pagi di hari kedua lebaran Idul Fitri. Beruntung juga meski acaranya dadakan, tapi kami masih dapat mobil sewaan. Bekal untuk makan siang juga sudah disiapkan mamanya Nadia.

Sampai di daerah Sungai Pinyuh, kami berhenti dulu karena ada barang-barang yang perlu dibeli. Perjalanan waktu itu lancar dan udara cukup cerah.

Sampai di pantai Kijing sekitar jam 9 pagi. Setelah membayar tiket masuk  30 ribu per orang termasuk kendaraan, kami menuju pantai.

Kendaraan roda empat boleh masuk ke tepi pantai. Para pedagang kaki lima yang jualan mainan anak-anak, makanan, dan minuman juga diperbolehkan berjualan di dalam areal wisata.

Setelah menikmati pemandangan pantai dan foto-foto di sekitarnya, kami duduk di pondok dan memesan kelapa muda. Sebutir kelapa muda seharga 15 ribu.

Sayangnya, keindahan pantainya terganggu sampah-sampah yang berserakan. Tidak nanpak petugas yang memunguti sampah-sampah yang berserakan itu selama kami di sana. Tempat sampah juga kurang sekali.

Selesai melihat pemandangan, kami berpindah ke lokasi yang agak sepi di sebelah utaranya. Rupanya mamanya Nadia waktu jalan-jalan sama Aisha menyusuri pantai melihat ada tempat yang lebih bagus. Akhirnya kami pindah tempat.

Mobil perlahan-lahan menelusuri jalan yang di kanan kirinya ditempati para pedagang. Juga melewati panggung hiburan yang hari itu digunakan untuk live show musik dangdut.

Sampai di tempat yang agak sepi, di bawah pohon kelapa, kami menggelar tikar dan makan siang di situ. Menyantap bekal sambil menikmati pemandangan pantai. Di bagian utara ini tempatnya lebih bersih daripada sebelumnya. Pemandangannya juga lebih bagus. Hanya ada dua mobil pengunjung termasuk kami yang parkir di sini.

Sebelum makan, saya sempatkan memotret beberapa obyek sekita pantai. Saya membayangkan alangkah bagusnya kalau pantai ini dikelola lebih profesional. Ada papan penunjuk, pedagang kaki lima ditempatkan di satu lokasi, ada tempat sampah yang mencukupi dan para petugas yang rajin berkeliling membersihkan sampah.

Jika ditangani dengan sungguh-sungguh, ditata lagi agar rapi dan bersih, daya tarik pantai Kijing tidak akan kalah dengan pantai-pantai lainnya di wilayah nusantara.

 

2 pemikiran pada “Pemandangan Indah di Pantai Kijing Mempawah

    1. iya mas… tapi saya belum tahu kalo hari2 selain hari raya… nah itulah selama saya dan keluarga disana gak ada kelihatan petugas yg memunguti sampah, padahal lagi ramai pengunjung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s