Kuliner khas Singkawang, Mie Ayam Haji Aman, Hadir di Pontianak

Ada satu kuliner khas kota Singkawang yang terkenal. Mie ayam haji Aman. Saya dan keluarga belum pernah ke Singkawang. Apalagi menikmati kuliner khasnya.

Waktu jalan-jalan, hanya sampai pantai Pasir Panjang dan Sinka Island. Masih sekitar 17 km lagi kalau ke Singkawang. Jadi kalau ada teman yang pernah ke Singkawang dan kuliner mie ayam haji Aman, kami hanya mendengar saja.

Awal bulan September ini, saya terkejut sewaktu melintas di jalan Karya Baru. Di deretan ruko yang posisinya sebelah kiri jalan dari arah rumah, saya lihat ada satu pintu ruko yang dibuka untuk jualan mie ayam haji Aman. Dulu tempat itu digunakan untuk bimbingan belajar. Apa benar  ini cabang mie ayam haji Aman yang di Singkawang?

Karena penasaran, akhirnya sore hari saya ajak istri makan di situ. Anak-anak yang sudah mulai remaja nggak ada yang mau ikut. Semuanya tinggal di rumah. Sibuk dengan dunianya masing-masing.

Kami pesan dua porsi. Saya mie ayam yang kuahnya langsung dituang di mangkoknya. Istri pesan mie kering yang kuahnya dipisah dengan menu mie ayamnya. Untuk minumnya, saya dan istri pesan jus buah. Seporsi mie ayam harganya 16 ribu dan segelas jus buah 8 ribu.

Yang membedakan mie ayam haji Aman dengan mie ayam lainnya adalah campuran dalam mienya. Kalau mie ayam yang biasa, campurannya adalah irisan sawi hijau. Tapi mie ayam haji Aman sawi hijaunya malah nggak ada. Yang ada campuran taoge, bakso, irisan pangsit dan irisan tipis telur dadar.

Ketika pesanan selesai dihidangkan, saya bertanya ke masnya,”Apa ini cabang mie ayam haji Aman Singkawang?”

“Ya, pak”

“Selain disini, di Pontianak ini dimana lagi cabangnya?”tanya saya lagi

“Belum ada, Pak. Baru di Karya Baru ini”jawabnya

Kami benar-benar menikmati mie ayam haji Aman. Rasanya memang lezat, beda sekali dengan mie ayam biasa. Kalau ke Pontianak jadi ingin singgah ke sana lagi.

 

 

Satu pemikiran pada “Kuliner khas Singkawang, Mie Ayam Haji Aman, Hadir di Pontianak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s