Suzuki Futura yang Masih Eksis dan Bermanfaat

Tak terasa 14 tahun sudah Suzuki Futura itu menemani saya dan keluarga saat bepergian. Saat ini mungkin agak susah menemukan mobil seperti itu di jalan. Mobil generasi 90-an yang saat itu banyak digunakan oleh keluarga maupun untuk angkutan kota. Keberadaannya sekarang sudah tergantikan dengan avanza dan xenia.

Berawal dari keinginan kami untuk punya mobil keluarga. Setelah survei dan cari mobil yang sesuai isi kocek, akhirnya pilihan jatuh ke Suzuki Futura tahun 1991. Kami beli saat itu dengan harga 34 juta.

Selama kami gunakan, mobil itu lancar-lancar saja. Jarang bahkan hampir nggak pernah mogok di jalan. Yang pernah kami alami bannya kempes atau bocor. Pernah juga terpikir menjual mobil itu. Sempat hubungi teman yang bisa bantu jualkan.

Setelah saya foto beberapa bagian, ada pembeli yang ingin lihat mobil itu. Tapi nggak cocok karena melihat bodinya yang saat itu di beberapa bagian retak. Jual mobil pun batal.

Akhirnya mobil saya bawa ke bengkel. Diketok dan cat ulang. Setelah lihat bodinya yang mulus, sayang kalau dijual. Sampai sekarang mobil itu tetap kami pakai. Memang dibanding avanza dan xenia, bodinya lebih panjang. Ruang di baris kedua juga lebih lebar, jadi kaki bisa selonjor. Suaranya pun masih halus.

Saya juga perhatikan jadwal penggantian oli di kartu perawatannya. Tanggal berapa harus ganti oli mesin, oli persneling, ilo gardan dan filter oli. Air radiator sebelum mesin dinyalakan juga saya cek. Kalau kurang saya tambah dan sering saya ganti baru kalau warnanya sudah keruh.

Saat mengendarai di jalan yang sepi, saya pernah coba persneling 5 dan masih oke. Cuma kalau pas jalan sama istri, dia sering khawatir kalau saya bawa mobil dan pakai gigi 5. “Hati-hati, mas, mobilnya sudah tua”katanya. Akhirnya saya turunkan kecepatan dan pindah ke gigi 4. 🙂

Ya, betul juga, harus ingat dengan kondisi mobil yang sudah  usianya 20 tahun lebih. Perlu hati-hati dan jangan emosi waktu mengendarai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s