3 Jurus Agar Kita Konsisten

Konsisten adalah salah satu kunci meraih kesuksesan. Sukses dalam bekerja, berbisnis ataupun belajar. Seperti saya menulis di blog ini sejak tahun 2012 dan berusaha konsisten ngeblog sampai sekarang. Jangan sampai berhenti nggak menulis lagi.

Memanfaatkan waktu luang dengan berbagi cerita dan pengalaman yang bisa bermanfaat buat orang lain.

Tak hanya memanfaatkan waktu luang untuk ngeblog, terkadang saya juga belajar untuk meningkatkan kapasitas diri melalui youtube. Meski kerja di tengah hutan, bukan berarti tidak bisa mencari ilmu untuk pengembangan diri.

Apalagi waktu ikut Kopdar Saudagar Nusantara (KSN) di Bogor, saya dan peserta VIP lainnya dapat bonus video pembelajaran Sekolah Bisnis Dua Kodi Kartika (SBDKK). Woow…senangnya 🙂

Ada 99 episode pembelajaran  SBDKK  dari Rendy Saputra, CEO Keke Busana dan Presenter Semangat Langit di Transvision. Isinya tentang motivasi, inspirasi, manajemen, strategi finansial dan pengembangan diri yang benar-benar bermanfaat untuk pengembangan diri.

Dalam proses belajar menggunakan video itu, hal-hal yang penting juga saya catat dan coba praktekan dalam proses kerja dan kegiatan lainnya.

Salah satu ilmu yang diajarkan Kang Rendy adalah gimana caranya agar kita bisa konsisten. Apa saja itu?

1. Punya Keyakinan “Yakin Sampai”

Seperti halnya saat kita bepergian ke suatu kota. Mengapa kita mau melangkah, menggunakan kendaraan, membayar ongkosnya menuju tempat itu ?

Padahal kota yang akan kita tuju itu belum kelihatan dan baru dalam pikiran. Kenapa kita mau melakukan semua itu?

Karena kita punya keyakinan bahwa kita akan sampai di kota itu. KEYAKINAN YAKIN SAMPAI itulah yang membuat kita terus bergerak, tetap melangkah dan melanjutkan perjalanan.

2. Push Through (Melewati Hambatan)

Di saat sudah punya keyakinan, biasanya akan muncul hambatan saat kita melangkah. Seperti saat kita bepergian menggunakan kendaraan, bisa jadi saat di jalan kita akan menghadapi hambatan berupa jalan yang rusak parah, cuaca hujan lebat atau kendaraan rusak dan mogok di jalan.

Di sinilah mental kita diuji. Bila kita mampu melewati hambatan-hambatan itu, berarti kita sudah konsisten menuju tempat yang kita inginkan.

3.  Punya Knowledge

Kita akan mampu melewati hambatan jika kita punya pengetahuan atau ilmu bagaimana mengatasi hambatan itu. Seperti yang pernah saya alami ketika naik bis dari Pinoh ke Pontianak dan bisnya mogok di Sosok.

Dua orang driver tidak mencari mekanik di bengkel terdekat atau memanggil mekanik bengkel bis itu. Mereka langsung turun tangan, buka baju seragam dan mencari penyebab bis mogok.

Seandainya mereka tidak punya knowledge atau pengetahuan bagaimana mengatasi kerusakan, tentu mereka hanya akan menunggu bantuan. Akhirnya kerusakan penyebab bis tersebut diketahui, diperbaiki dan penumpang tetap bisa melanjutkan perjalanan.

So, supaya anda bisa konsisten dalam bekerja, berbisnis atau belajar, praktekan tiga jurus yang diajarkan kang Rendy Saputra ini:

Yakin Sampai, Push Through dan Punya Knowledge.

 

 

Iklan

2 pemikiran pada “3 Jurus Agar Kita Konsisten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s