Terminal Keberangkatan Bis AKAP di Pontianak Berubah

Sudah sekitar dua bulan ini, tempat keberangkatan bis-bis Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) di Pontianak  mengalami perubahan.

Sebelumnya kita bisa menunggu keberangkatan bis AKAP jurusan Pontianak – Sintang atau Pontianak – Nanga Pinoh  di agen bisnya. Seperti bis Damri di Jl. Pahlawan, Bis Marus dan TSM di Jl. Tanjungpura.

Namun sekarang tempat keberangkatan bis-bis AKAP itu harus langsung dari terminal karena saat sore atau malam hari bis-bis itu dilarang masuk kota.  Saya yang sebelumnya biasa naik Damri dan perlu waktu cukup 10 menit dari rumah ke kantor perwakilannya, sekarang harus menempuh perjalanan lebih jauh karena keberangkatannya dipusatkan di pool Damri di jl. Sultan Hamid dekat Jembatan sungai Landak.

Untungnya bagi penumpang  kelas yang tinggal di kota, Damri menyediakan bis pengumpan (feeder) yang menjemput penumpang dari rumah dan diantar ke poolnya. Bagi penumpang yang baru datang dari luar kota dan masuk Pontianak, Damri juga menyediakan bis pengumpan. Saya pernah berangkat dari Nanga Pinoh jam 9 pagi. Sampai di Pontianak jam 19.30. Kalau penumpang datang di kantor Damri juga akan diantar bis pengumpan kapasitas 15 orang ke poolnya.

Lumayan bisa menghemat ongkos transport dalam kota.

Lain halnya dengan bis Marus dan TSM. Tempat berkumpul penumpang di terminal Soedarso. Terminal ini pagi sampai sorenya biasa dipakai untuk oplet. Bisa juga penumpang datang ke agen bis Marus di jalan Tanjungpura paling lambat jam 18.00. Setelah itu akan diantar pakai bus pengumpan ke terminal Soedarso. Gratis.

Kalau saya biasanya dari rumah langsung ke terminal Soedarso pakai taksi online. Ongkosnya 20 ribu. Bisa saja sih saya dari rumah ke agen bis pakai taksi online atau diantar istri, terus berangkat sama-sama penumpang lain ke terminal. Cuma waktunya terbentur dengan waktu sholat maghrib. Saya usahakan sholat maghrib di rumah sama keluarga sebelum berangkat ke Pinoh.

Nah, sebaliknya kalau berangkat dari luar kota misalkan dari Sintang atau Nanga Pinoh. Saat bis sampai Pontianak sekitar jam 03.30, bis tidak stop akhir di terminal Soedarso. Kita bisa langsung turun di tempat agen bisnya di dalam kota atau turun di tempat-tempat yang kita inginkan sesuai tujuan, karena bis diperbolehkan masuk kota saat pagi.  Dari sini perjalanan ke tempat tujuan bisa menggunakan taksi atau ojek.

Ada rencana jalan-jalan ke Pontianak atau Kalbar nih?

 

Iklan

11 pemikiran pada “Terminal Keberangkatan Bis AKAP di Pontianak Berubah

      1. iya sih, pernah jg pakai ojek motor. waktu naik bis marus dari pinoh jam 7 malam sampai di kantor damri jam 03.30. Turun di situ terus naik ojek sampai rumah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s