Jalan-jalan lagi ke Hutan Alam Tropis

Meski saya kerja di hutan, tapi lebih sering berada di kantor base camp. Nah, waktu ada inhouse training Reduced Impact Logging atau Pembalakan yang Ramah Lingkungan sekaligus  inhouse training Keselamatan dan Kesehatan Kerja, saya sempatkan jalan-jalan lagi ke hutan.

Dari base camp ke lokasi kerja penebangan sekitgar 2 jam perjalanan. Di lokasi itu, para peserta inhouse training melihat teman-teman yang di bagian penebangan mempraktekkan penebangan ramah lingkungan.

Bagaimana menebang pohon supaya dampak kerusakannya terhadap lingkungan minimal dan pohon yang ditebang tidak pecah atau retak. Selain itu, faktor keselamatan untuk operator chainsaw dan helpernya juga perlu diperhatikan saat pohon tumbang.

Setelah dipraktekkan selama dua hari inhouse training, hasil tebangannya lumayan bagus. Batang pohon tidak pecah atau rusak. Tunggak bekas pohon yang ditebang juga tidak cacat. Arah rebahnya juga sudah benar dan tidak bikin banyak kerusakan. Dan yang terpenting, operator dan helpernya bekerja dengan hati-hati dan cermat sehingga resiko kecelakaan kerja dapat dihindarkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s