Berangkat Pagi dari Jogja, Malamnya Sampai di Camp

Beberapa hari yang lalu, saya melayani tamu-tamu yang datang dari Jogja. Seorang doktor kehutanan lulusan jepang, dua mahasiswi lulusan kehutanan UGM dan satu mahasiswi lulusan pasca sarjana UGM.

Yang dua mahasiswi datang untuk pengambilan data riset tanaman meranti. Dosennya sebagai supervisor dan mahasiswi yang satu lagi datang untuk melihat kondisi hutan alam di Kalimantan.

Berangkat dari rumah pagi subuh karena harus naik pesawat dari Jogja ke Pontianak sekitar jam 6 dan connect flight dari Pontianak ke Sintang. Pesawat dari Jogja ke Pontianak sesuai jadwal tapi penerbangan lanjutan ke Sintang tertunda. Seharusnya pesawat berangkat dari Pontianak jam 11.20 tapi delay satu jam.

Di bandara Susilo Sintang, tamu dijemput pak Agus Warjito, teman yang biasa melayani antar jemput tamu. Setelah itu melanjutkan perjalanan menggunakan mobilnya dari Sintang ke Nanga Pinoh sekitar dua jam.

Biasanya waktu tempuh normal sekitar 1,5 jam, tapi karena kondisi jalan di dekat kota Pinoh rusak parah, waktu tempuhnya lebih lama. Tiba di Pinoh istirahat dan makan siang. Selesai makan siang lanjutkan perjalanan dari Pinoh ke camp sekitar 1,5 jam. Tiba di Logpond sekitar jam 6 sore.

Setelah ganti kendaraan menggunakan mobil dari camp, perjalanan dilanjutkan ke base camp km 35. Akhirnya sekitar jam 19.30 mereka tiba di base camp. Saat tamu-tamu saya temani makan, saya sambil gurau bilang”Wah, tadi makan paginya di bandara, makan malamnya sekarang di hutan”.

Saat ini di Sintang sedang dibangun bandara baru di daerah Sei Tebelian. Tak seperti bandara Susilo yang hanya bisa didarati pesawat berbaling-baling kapasitas 60-72 penumpang, di bandara sei Tebelian  pesawat bermesin jet bisa mendarat. Infonya akan ada penerbangan langsung dari bandara tersebut ke kota-kota besar di Jawa sehingga tidak harus transit lagi di Pontianak.

Kalau seperti itu, nantinya makan paginya di bandara Jogja siangnya sudah bisa sampai di camp. Memangkas waktu dan jarak karena tidak harus lewat Pontianak dan Sintang lagi.

2 pemikiran pada “Berangkat Pagi dari Jogja, Malamnya Sampai di Camp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s