Ketika di Base Camp Suasananya Terasa Seperti di Kota

Sekarang ini tinggal dan kerja di camp suasananya sudah seperti di kota. Apalagi setelah jalan dari Nanga Pinoh ke logpond Popai mulai diperbaik dan diaspal. Pedagang sayur pun seminggu 3-4 kali datang ke camp naik motor dari Nanga Pinoh sampai ke base camp. Dua jam perjalanannya

Biasanya pas istirahat kantor jam 11 siang mereka sudah sampai di depan mess. Menunggu karyawan atau keluarganya yang mau belanja. Setelah itu, mereka pindah  ke mess anak-anak sekolah. Sebelum pulang mereka singgah dulu di desa-desa yang berada di antara base camp dan logpond Popai.

Di perusahaan juga ada Koperasi Karyawan yang menyediakan sayur mayur dan kebutuhan lainnya untuk dapur camp. Juga ada ibu-ibu dari desa yang menjual hasil kebunnya ke karyawan atau keluarganya.

Keberadaan perusahaan menjadi magnet sekaligus pasar yang mengundang banyak pihak untuk berjualan. Pedagang sayur – mayur, pedagang bibit ikan, pedagang es krim semuanya mendapat manfaat.

Tak hanya itu, beberapa karyawan juga membuka usaha. Ada yang jualan sembako, mie ayam, empek-empek juga voucher pulsa hp.  Tukang cukur rambut pun ada.

Yang jualan empek-empek dan mie ayam promosinya lewat grup WA. Pembeli pesan dulu berapa porsi dan minta diantar di mess mana jam berapa. Yang jualan akan mengantar makanannya sesuai pesanan. Tapi kalau mau makan di tempat juga boleh.

Bisa jadi suatu saat nanti akan ada yang jualan sate ayam, bakso atau soto. Dan ini pertanda yang baik. Usaha-usaha kecil rumah tangga satu persatu akan bermunculan. Menyediakan keperluan buat karyawan dan keluarganya yang kangen dengan menu makanan di kota. Perputaran uang pun tak terelakkan. Ada penjual, ada pembeli dan terjadi transaksi. Dan sektor riil pun bergerak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s