Mantap Jujur Tertib Usaha

Ada banyak nama bis yang melayani Pontianak – Nanga Pinoh PP. Ada DAMRI, Tanjung Niaga, TSM, Borneo Trans dan Maju Terus. Tiap nama bis itu punya makna khusus. DAMRI singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia. Ditulis pakai ejaan lama ya 🙂 .

Saya maklum dan tersenyum ketika ada teman yang lebih muda umurnya pernah tanya DAMRI itu artinya apa sih? Saya bisa langsung jelaskan artinya karena waktu  SD di tahun 1980-an, saya sudah kenal  nama bis milik pemerintah ini.

TSM singkatan dari Tri Star Melawi. Ceritanya ada tiga tokoh dari kabupaten Melawi yang berkongsi atau bekerja sama menjalankan perusahaan otobis ini. Ini yang melatarbelakangi kenapa bis ini dinamakan Tri Star Melawi.

Selanjutnya nama bis Tanjung Niaga diambil dari nama salah satu desa di kota Nanga Pinoh. Pemiliknya memberi nama ini karena dia dan keluarganya tinggal di desa Tanjung Niaga.

Borneo Trans termasuk pemain baru di jalur Pontianak – Nanga Pinoh menggantikan trayek bis Allegra yang ijin trayeknya dicabut pemerintah. Nama Borneo Trans bisa menggambarkan bis yang melayani transportasi antar kota di pulau Kalimantan, khususnya Kalbar.

Nah, waktu pertama kali lihat nama bis Maju Terus, saya kira nama  itu semacam slogan atau semboyan. Semacam kata-kata penyemangat supaya dalam menjalankan usahanya tidak mudah putus asa atau pantang menyerah menghadapi berbagai macam hambatan.

Ternyata perkiraan saya nggak sepenuhnya benar. Sampai ketika saya naik bis ini dan nggak sengaja lihat di dinding samping sopir, saya baru ngeh ternyata Maju Terus itu bukan slogan atau semboyan tapi akronim. Maju Terus itu singkatan dari Mantap, Jujur, Tertib, Usaha. 🙂

Nggak semua bisnya sih dinding dekat sopirnya ditulis empat kata itu. Pernah juga saya naik bis Maju Terus lainnya akronim itu nggak ada. Memang Shakespeare bilang apalah artinya sebuah nama. Namun, pemilik bis Maju Terus membuktikan bahwa nama itu sangat berarti untuk keberlangsungan usahanya.

Saya masih ingat waktu tahun 1995 – 2000 naik bis ini yang masih kategorinya mini bis seukuran elf. Berangkat jam 11 siang dari Pinoh. Tempat duduknya sempit dan gak bisa digeser maju mundur. Sampai Pontianak sekitar jam 9 malam. 10 jam di perjalanan di dalam bis seperti itu.

Dimulai menjalankan bis kecil untuk melayani penumpang Pontianak – Pinoh PP, sekarang Maju Terus berkembang memiliki armada bis super eksekutif yang melayani Pontianak – Pinoh PP dan Pontianak – Sintang PP.

Mantap, Jujur, Tertib, Usaha. Untaian kata-kata yang nggak cuma sekadar nama, tapi menjadi pedoman yang sungguh-sungguh dipraktekkan sehingga berhasil dalam menjalankan usaha .

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s