Kreativitas dalam Tugas Kelompok

Pesan lewat WA dari Nadia itu cukup menarik buat saya. Diawali dengan pendahuluan yang diteruskan sebuah pertanyaan,”Kesehatan mental, perlu nggak sih?”

Di bawahnya ada tautan video di youtube untuk mengetahui isinya. Terus ada catatan juga setelah melihat video itu supaya berikan komentar dan saran.

Setelah saya klik tautannya, isinya edukasi tentang apa itu kesehatan mental.

Ada beberapa orang dengan latar belakang mahasiswa/mahasiswi, tentara, turis yang diminta pendapatnya tentang kesehatan mental. Kemudian ada seorang coach sekaligus penulis yang menjelaskan apakah kesehatan mental itu.

Melihat video itu membuat saya tertarik. Ternyata sebuah tema edukasi jika disampaikan dalam bentuk visual (video) lebih menarik dan memicu terjadinya interaksi. Ada belasan orang yang berkomentar dan ratusan yang like. Padahal video itu baru diunggah sehari.

Setelah saya lihat video itu, saya chat dengan Nadia di WA. Ternyata dia dan teman-temannya di Psikologi UNY dapat tugas kelompok membuat materi edukasi kesehatan mental.

Di satu angkatan di bagi tiga kelompok. Ada dua kelompok yang membuat materi dalam bentuk video. Nadia termasuk anggota salah satu kelompok yang jumlahnya 13 orang.

Dia juga tampil di video berdurasi 8 menit itu. Yang saya salut dengan mereka itu ya kreativitasnya untuk membuat tugas kelompok dan mengunggahnya di https://youtu.be/FXwaFBR-5VM

Waktu saya tanya,”Gimana dosennya menilai tugas kelompok itu?”

“Dilihat seberapa dampaknya dan keberlanjutannya, Pa. Apakah sudah menjawab permasalahan. Ini nama programnya psikoedukasi hehe..”jawab Nadia

Kreativitas yang perlu dihargai karena menghadirkan program edukasi dengan memanfaatkan teknologi. Lebih mudah dipahami dan jangkauannya luas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s