Tiga Taman di Dekat UNTAN

Awalnya saya dan istri bermaksud jalan-jalan di pagi hari di sekitar Untan. Ada taman di samping Fakultas Teknik yang dibangun oleh Pemkot Pontianak untuk publik. Taman Catur namanya. Dinamakan seperti itu karena salah satu disainnya berupa bidak-bidak catur berukuran besar. Ada juga track buat jogging, tempat papan luncur dan lapangan basket mini. Kalau ingin menikmati fasilitas di taman ini gratis, cuma bayar uang parkir saja.

Jalan kaki ke arah pos polisi di dekat bundaran Untan, saya dan istri berhenti sejenak menikmati taman Arboretum Sylva Untan. Ini taman yang dibuat di mulai dari tepi traffic light sampai di atas pos polisi. Bentuknya seperti jalan layang dan posisinya mendaki. Hanya saja kita gak bisa jalan di taman itu.

Setelah memotret taman itu, perjalanan kami teruskan ke taman Digulis. Taman ini persis berada di tepi bundaran Digulis di sisi Timur. Tempat yang cocok buat duduk-duduk sambil menikmati lalu lintas di bundaran Untan. Tanamannya ditata rapi. Nah, di belakang taman ini ada hutan kota dan jogging track. Ada juga tempat bermain anak-anak.

Jalan-jalan menyusuri jogging track ini baru pertama kali buat saya dan istri. Udaranya segar dan banyak pepohonan. Beberapa jenis tanaman hutan saya lihat di sini seperti meranti, ulin. Hanya saja informasinya masih kurang. Alangkah lebih apabila di tempat ini dibuat semacam denah atau peta yang memuat posisi jogging track, tempat bermain anak-anak, wc/toilet dan dimana saat itu pengunjung berada.

Lebih informatif lagi setiap tanaman hutan diberi papan nama yang menunjukkan jenis tanaman dan bahasa latinnya. Selain pengunjung berekreasi dan berolahraga, juga sekaligus belajar mengenal pepohonan.

Kalau sudah jalan-jalan dan capai dan perut lapar, gak usah khawatir. Di dekat taman Digulis ada kantin yang menyediakan menu sarapan. Jalan-jalan yook ke tiga taman di dekat UNTAN.

3 pemikiran pada “Tiga Taman di Dekat UNTAN

  1. Ping-balik: Tiga Taman di Dekat UNTAN — Yudhi Hendro Berbagi Cerita – nur rohman affandi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s