Novel Canting: Kisah Gadis Pembatik Membangun Rumah Tangga bersama Anak Majikannya

Untuk memiliki novel Canting hasil karya Fissilmi Hamida ini saya harus pre order sebulan. Bersabar menikmati kisah Sekar, anak rewang di keluarga Sri Sundari yang bikin jatuh hati anak lelaki semata wayangnya, Hadi.

Sekar  yang sejak kecil ikut simboknya bekerja sebagai rewang tidak pernah menduga Hadi yang sepuluh tahun lebih tua, lulusan S2 dari Inggris akhirnya memilih dirinya sebagai istri.

Memilih gadis yang piawai membatik yang baru berumur 18 tahun dan lulusan SMA daripada Ajeng, adik almamaternya yang berprofesi sebagai dokter dan telah memendam rasa cinta padanya sejak kuliah.

Novel ini bercerita tentang dua insan yang berusaha membangun rumah tangga dengan berbagai ujian yang benar-benar menguji kesabaran keduanya. Sekar yang difitnah sudah pernah ditiduri Hadi  hingga akhirnya dia menikahi. Ajeng yang terus menghubungi Hadi dengan berbagai cara saat keduanya sudah berumah tangga. Kecelakaan yang menimpa keduanya yang menyebabkan beberapa bulan Hadi tidak dapat memberi nafkah batin bagi istrinya. Dan puncaknya ketika Ajeng dengan nekat meminta ijin Sekar menjadi madunya.

Suasana budaya Jawa khususnya kota Jogja dan sekitarnya terasa kental di novel ini. Juga nilai-nilai filosofi Jawa dan spiritualitas Islam dalam mengatasi problem kehidupan termasuk berumah tangga disajikan dengan cara yang bijaksana. Seperti yang tertera di bawah judul Canting, Gusti paring pitedah, bisa liwat bungah bisa liwat susah.

Novel ini seperti kisah Cinderellla di jaman old yang terjadi kembali di jaman now. Meski belum selesai saya membacanya, namun setiap selesai membaca satu episode ingin meneruskan membaca episode berikutnya.

 

 

 

4 pemikiran pada “Novel Canting: Kisah Gadis Pembatik Membangun Rumah Tangga bersama Anak Majikannya

  1. Wah menarik ceritanya kang. Boleh nih untuk dibaca ditengah bekerja di hutan seperti saya, hehe… Pesan kemana? Kalo boleh tau share alamat pemesanan, saya mau pesan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s