Inisiatif Aysha dan Teman-Temannya Adakan Les Tambahan di Rumah

Sudah sebulan ini Aysha dan lima temannya yang kelas XII IPS rutin terima les tambahan matematika di rumah. Jadwalnya  Senin dan Kamis mulai jam 16.00 sampai jam 17.30. Pengajarnya dari lembaga bimbingan belajar. Targetnya bisa lolos tes SBMPTN tahun 2019.

Pada awalnya Aysha dan temannya rencana ikut les tambahan reguler di bimbel. Tapi setelah dihitung biayanya cukup mahal untuk ukuran mereka. Akhirnya mereka putuskan lebih baik panggil pengajar dan lesnya di rumah. Hitungannya lebih murah. Setiap anak cukup membayar 200 ribu sebulan untuk delapan kali pertemuan.

Setelah diputuskan panggil pengajar ke rumah, yang perlu ditentukan selanjutnya tempatnya dimana. Karena pertimbangan lokasi di tengah kota dan dekat dengan sekolahnya, akhirnya les tambahan diadakan di rumah kami. Jadi mereka setelah belajar di sekolah, istirahat sekitar satu jam terus belajar lagi.

Mereka  duduk lesehan di ruang tamu yang sementara waktu diubah jadi tempat belajar mengajar.  Menggunakan white board kecil ukuran 60 x 90 cm yang sudah ada di rumah. Setelah berjalan beberapa minggu, mamanya Aysha melihat anak-anak kok sering mendekat ke white board itu. Rupanya karena ukurannya kecil, mereka tidak bisa melihat jelas kalau duduknya jauh.

Muncul usulan dari mamanya Aysha supaya belikan white board yang ukurannya lebih besar. Nggak pakai lama berpikir dan ingin mensupport anak-anak yang bersemangat belajar di rumah, saya pergi ke toko buku dan ATK untuk beli white board yang ukuran 80 x 120 cm. Kalau untuk urusan sekolah, belajar dan pendidikan anak-anak seperti itu memang saya dukung penuh. Menyediakan tempat dan perlengkapannya.

Jangan sampai anak-anak sudah punya inisiatif adakan les tambahan di rumah, mencari pengajarnya, tentukan waktunya kita sebagai orang tua malah nggak peduli.

 

 

2 pemikiran pada “Inisiatif Aysha dan Teman-Temannya Adakan Les Tambahan di Rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s