Bertemu lagi Asisten Dosen Setelah 21 Tahun

“Dulu Yudhi ini yang bantu waktu praktikum penyakit hutan”kata seorang wanita diantara belasan tamu yang datang ke camp awal bulan lalu.

Wanita yang bernama Dr. Sri Rahayu itu bercerita kepada kolega-koleganya yang berprofesi sebagai dosen dan peneliti saat kami menyambutnya di Camp km 35. Baru pertama kali  dia datang ke camp tempat saya kerja. Datang belakangan dibanding koleganya dari UGM yang pernah ke camp.

Mbak Yayuk, begitu beliau akrab disapa ketika kami masih jadi coass di laboratorium penyakit tanaman hutan Fakultas Kehutanan UGM. Kalau kita lihat foto di atas, mbak Yayuk yang berdiri paling kanan.

Waktu itu di semester akhir tahun 1993-1994, saya dan dua teman seangkatan: Gunawan dan Istiono sama-sama mendaftar coass praktikum dan diterima. Dipanggil mbak, karena umurnya  dengan kami hanya selisih dua atau tiga tahun

Tugas kami membantu mbak Yayuk menyiapkan bahan-bahan praktikum. Mulai menyiapkan preparat, membacakan pre test sebelum praktikum, menilai hasil pre test sampai mendampingi mahasiswa-mahasiswi yang lagi praktikum.

Setelah lulus tahun 1994, sesekali waktu saya ke Jogja singgah di kampus. Waktu nikah tahun 1997 saya undang dosen-dosen dan asisten dosen. Dan mbak Yayuk datang waktu resepsi pernikahan. Setelah itu saya dapat kabar beliau teruskan S3 di Malaysia dan kami gak pernah bertemu lagi.

Setelah 21 tahun, akhirnya kami bertemu lagi di hutan. Bersama 14 dosen dan 6 orang dari Kementerian LHK, mbak Yayuk berkunjung ke tempat kerja saya. Dia  salah satu pakar penyakit tanaman hutan yang bertugas mengevaluasi ancaman penyakit pada penanaman Dipterocarp dengan sistem Tebang Pilih Tanam Jalur (TPTJ) dan Silvikultur Intensif (SILIN).

Surprise. Reunian lagi sama mbak Yayuk. Dia cerita, dulu waktu praktik kalau ada mahasiswa yang badannya gede, kami coass yang cowok yang disuruh menghadapi.

Sayangnya, kunjungan mba Yayuk hanya 2 hari di camp dan pulang duluan karena harus menghadiri acara di Korea.

2 pemikiran pada “Bertemu lagi Asisten Dosen Setelah 21 Tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s