Naik Bis AKAP di Terminal Antar Lintas Batas Negara Ambawang

Dua bulan ini, sudah tiga kali saya naik bis Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dari terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Ambawang. Rutenya Pontianak – Nanga Pinoh. Nama bisnya Maju Terus.

Biasanya saya naik bis dari terminal Sudarso Sungai Raya. Dari rumah ke terminal naik taksi online. Bisa juga dari rumah naik taksi online ke agen bis di jalan Tanjungpura. Kemudian diantar shuttle bis ke terminal Sudarso. Dua kali ganti kendaraan.

Sejak 1 Oktober 2018 ada perubahan. Semua penumpang bis AKAP dari Pontianak harus naik dari terminal ALBN Ambawang.

Setelah ada peraturan itu, petugas ticketing biasanya tanya,”Nanti naiknya dari mana, Pak?”

Saya memilih naik  bis dari agen di jalan Tanjungpura. Berangkat dari rumah jam lima sore. Sampai di sana sekitar setengah enam. Setelah lapor, saya jalan kaki ke masjid yang jaraknya sekitar 100 meter. Sholat Maghrib dan jama’ taqdim Isya.

Jam enam shuttle bis datang. Jam enam lewat lima belas menit bis berangkat mengantar penumpang ke terminal ALBN. Singgah juga di terminal Sudarso jika ada penumpang yang menunggu di situ. Perlu waktu sekitar empat puluh menit sampai ke terminal ALBN.

Sampai di terminal ALBN, bis-bis AKAP dan Lintas Negara sudah siap. Jam tujuh bis tujuan Nanga Pinoh berangkat.

Jika naik bis dari Nanga Pinoh ke Pontianak, bis masih diperbolehkan masuk kota. Apalagi sampai di Pontianak jam tiga dini hari. Penumpang masih bisa turun di tempat yang dekat dengan rumahnya. Saya biasa turun di depan kantor Damri di jalan Pahlawan. Dari situ ke rumah naik ojek motor.

Kebijakan itu suatu hari nanti bisa berubah. Bis-bis AKAP yang dari luar kota Pontianak juga harus masuk ke terminal ALBN sebagai pemberhentian akhir. Seperti halnya bis-bis AKAP yang datang di Nanga Pinoh. Harus masuk terminal Sidomulyo dan tidak diperbolehkan lagi masuk sampai ke tengah kota.

 

 

5 pemikiran pada “Naik Bis AKAP di Terminal Antar Lintas Batas Negara Ambawang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s