Bertambah, Maskapai yang Melayani Pontianak – Sintang PP

Setelah bandara baru di Sintang diresmikan bulan April lalu, maskapai yang melayani bertambah. Bandara baru itu Tebelian namanya. Mengambil nama kecamatan Sei Tebelian. Menggantikan bandara lama, Susilo, di kota Sintang.

Bandara Tebelian waktu tempuhnya setengah jam perjalanan dari kota Sintang. Atau satu jam waktu tempuh dari Nanga Pinoh.

Dulu waktu masih di bandara lama, hanya Kalstar yang melayani Pontianak -Sintang PP. Saat ini, ada tiga maskapai : Garuda, Wings Air dan NAM. Kalstar malah nggak beroperasi lagi.

Garuda dan Wings Air jadwalnya sehari sekali. Garuda terbang dari Pontianak jam 09.00. Wings jam 07.20. NAM dua kali sehari. Jam 10.45 dan 12.45. Waktu tempuhnya sekitar 40-50 menit. Harga tiketnya bervariasi antara 400 – 600 ribu.

Kehadiran tambahan maskapai ini sangat membantu penumpang, tidak hanya yang menuju Sintang, tapi juga penumpang dari daerah-daerah sekitarnya seperti Sanggau, Sekadau dan Melawi.

Seperti tamu-tamu perusahaan yang akan ke camp. Dosen-dosen dari Fakultas Kehutanan UGM yang monitoring riset di camp bisa setengah hari sampai di camp. Berangkat pagi  dari Yogya pakai NAM Air ke Pontianak, terus connect ke Sintang. Dari Sintang naik mobil rental sampai logpond. Dari logpond sudah siap mobil jemputan dari perusahaan.

Sore hari jam 3 sudah sampai di camp. Sarapan di Jogya, Makan siang di Nanga Pinoh, makan malam di camp.

Yang masih perlu dilengkapi saat ini transportasi umum dari Sintang atau Nanga Pinoh ke bandara pergi pulang. Belum ada shuttle bis langsung yang melayani rute tersebut. Penumpang harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa untuk ke bandara atau dari bandara ke tempat tujuan. Lumayan juga ongkosnya.

Seperti dari logpond – Nanga Pinoh – Bandara Tebelian sewanya bisa sampai 1 juta. Padahal waktu tempuh hanya sekitar 2,5 jam. Kalau perginya ramai-ramai ongkos bisa patungan jadi terasa ringan. Kalau sewa sendirian memang besar diongkos. Malah sewa kendaraannya lebih mahal daripada harga tiket pesawatnya hehehe….

 

 

 

 

 

4 pemikiran pada “Bertambah, Maskapai yang Melayani Pontianak – Sintang PP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s