Sempatkan Menyapa Ibu

Hampir tiap hari saya usahakan menyapa ibu yang tinggal di Semarang. Meski kerja di camp, saya sempatkan menelepon beliau. Dan kalau sudah bicara, bisa sampai setengah jam. Bahkan lebih. Pembicaraan berakhir biasanya karena suara azan. Saat itu ibu yang ingatkan saya.

Di lain waktu, saya juga ngobrol via WhatsApp. Dan ibu cukup trampil mengetik, mengirim gambar atau video. Di usia yang ke-68, beliau juga masih rajin senam, ikut pengajian, jalan-jalan bersama ibu-ibu tetangga. Jarang ada keluhan yang saya dengar dari beliau. Bukannya gak ada masalah. Namun beliau selalu berusaha tidak memperlihatkan sedang ada masalah.

Beliau juga rajin silaturahmi. Menyambungkan kembali persaudaraan yang renggang dengan keluarga besar. Baik dengan keluarga dan saudara bapak ataupun dengan keluarga besar ibu. Jika ada saudara yang sakit, beliau usahakan untuk datang menengok. Termasuk juga ketika tetangga yang mengidap kanker. Beliau bersama ibu-ibu yang lain menengok ke rumah sakit.

Jika saya datang ke Semarang, ibu dan bapak serta adik bungsu hampir selalu menjemput di bandara. Juga ketika saya ke Semarang naik kereta. Beliau dan adik menjemput di setasiun. Termasuk ketika saya naik bus, beliau mengantar sampai ke kantor agen bis. Semuanya dilakukan dengan ringan dan tidak terpaksa. Padahal saya pernah bilang supaya gak usah dijemput atau diantar.

Bisa jadi begitulah tanda kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Meski anaknya sudah berkeluarga, tetaplah kasih sayang itu tidak hilang.

Semoga ibu senantiasa dalam perlindungan Alloh SWT dan dikaruniakan sehat wal afiat.

3 pemikiran pada “Sempatkan Menyapa Ibu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s