Suasana Baru di bandara Jendral Ahmad Yani Semarang

Salah satu sebab kenapa saya pilih penerbangan Pontianak – Semarang PP waktu pulang ke Jawa ya karena pengin liat bandara Jendral Ahmad Yani setelah direnovasi. Penasaran lihat di internet, lihat videonya, juga info teman yang pernah merasakan bandara yang baru.

Biasanya sih, kalau nengok orangtua di Semarang sekalian juga nengok anak sama bapak ibu mertua di Jogja. Nah, dulu-dulu rutenya Pontianak – Semarang. Setelah itu menginap beberapa hari di Semarang baru lanjutkan perjalanan ke Jogja naik travel Joglosemar. Bisa juga dari Pontianak ke Jogja dulu, setelah itu baru ke Semarang. Juga naik travel joglosemar.

Nah, untuk perjalanan akhir tahun lalu saya memang rencanakan beli tiketnya Pontianak – Semarang PP. Apalagi kalau bukan ingin merasakan suasana bandara yang baru.

Waktu mendarat di bandara Jendral Ahmad Yani, saya sudah merasakan kesan luas. Apalagi waktu masuk ruang pengambilan bagasi. Luas banget deh. Ada dua ban berjalan tempat meletakkan bagasi. Malah di ban berjalan yang sebelahnya troli-trolinya disusun rapi sekali. Beda banget dengan kondisi di bangunan lama yang sempit dan berdesak-desakan.

Gimana dengan ruang check in? Kesempatan melihat ruangannya itu datang waktu mau pulang. Saya diantar ibu dan adik bungsu  naik taksi online dari rumah ke bandara. Sampai di terminal keberangkatan, nggak cuma penumpang saja yang diperbolehkan masuk. Para pengantar juga boleh masuk sampai ke dalam.

Ibu yang baru pertama kali lihat bandara yang baru senang sekali bisa masuk ke ruangan tempat gerai makanan. Rupanya dari ruangan ini, kita masih harus jalan lagi melewati ruangan yang berkaca dan didominasi warna putih. Ada juga kolam ikan di sisi kiri.

Setelah dari ruangan ini, barulah masuk ke ruang check in alias lapor tiket pesawat. Ada 30 konter di ruangan ini. Waktu saya masuk ke ruangan ini masih agak sepi. Konter Lion tujuan Pontianak malah belum buka. Kesempatan deh keluar lagi dan motret suasana di ruangan lain.

Dari sisi jalan masuk dan keluar bandara sekarang lebih dekat dari rumah karena lewat jalan Madukoro yang pas disebelah banjir kanal. Pantas waktu perjalanan dari bandara ke rumah, karena kami asyik ngobrol, ibu kaget kok mobil sudah belok ke jalan Indraprasta. Ternyata rutenya sudah berubah. Jadi rute sekarang lewat depan PRPP dan kampung laut.

Rasanya belum puas menikmati suasana bandara baru, waktu lihat suasana ruang boarding yang lapang dan tenang, sudah ada panggilan buat penumpang yang akan terbang ke Pontianak.

2 pemikiran pada “Suasana Baru di bandara Jendral Ahmad Yani Semarang

  1. Wah Pak Yudhi, saya terakhir kali ke Ahmad Yani awal tahun 2000-an sewaktu nganter Kakek ke Jakarta. Nggak kaget sih kalau sekarang jadi bagus banget haha. Dunia berkembang, makin canggih, makin mempercantik tampilan juga. Cuma ada sedikit perasaan rindu dan nyesel kenapa tampak bandara era jadul nggak saya foto ya hehe

    1. Wah, sudah 18 tahun yg lalu ya mbak lihat bandara Ahmad Yani…Kalo sekarang lihat bandara yg baru pangling lho mba…tapi bangunan bandara yg lama masih ada kok mba Sekar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s