Kunjungi 3 Masjid di Jogja dan Sekitarnya

Rencana ke Jogja jadi juga bulan Desember 2018 lalu. Silaturahmi ke bapak ibu mertua dan menengok anak sulung.  Juga kunjungi 3 masjid. Masjid Nurul ‘Ashri Deresan, masjid Jogokariyan dan masjid Suciati Saliman.

Masjid Suciati Salliman lokasinya di jalan Gito Gati, Pendowoharjo, Sleman. Dari rumah mertua, saya naik mobil menyusuri Ring Road terus belok ke Jalan Tentara Pelajar di dekat Monjali. Setelah sampai di simpang jalan Gito Gati belok ke kiri. Untung ada GPS di HP.  Jadi memandu saya sampai ke lokasi yang dituju.

Masjid Suciati Saliman ini arsitekturnya mirip masjid Nabawi di Madinah. Pintu gerbangnya, mihrab dan pilarnya. Dindingnya dari batu marmer. Masjidnya diberi nama sesuai pendirinya. Suciati Saliman, seorang pengusaha yang sejak SMP punya impian membangun masjid.

Setelah sholat asar saya lanjutkan perjalanan ke masjid Nurul ‘Ashri Deresan. Lokasinya dekat dengan rumah waktu saya masih kuliah di Jogja. Waktu saya ke sini ada kegiatan pengajian ibu-ibu. Ada ustadz yang memberikan ceramah. Ada juga jadwal kajian di masjid ini yang dipasang di depan masjid.

Masjid ketiga yang saya datangi masjid Jogokariyan di daerah Danurejan. Yang bikin saya salut, agenda kegiatannya sudah ditampilkan di LCD. Bukan ditempel di papan pengumuman atau dipasang spanduk. Cukup satu LCD yang ditempatkan di di dekat serambi masjid. Praktis, hemat kertas dan kain. Profesional.

Dari ketiga masjid yang saya datangi, semuanya punya agenda kajian-kajian rutin. Di masjid Jogokariyan malah nggak hanya kajian-kajian. Ada juga agenda senam pagi buat para muslimah warga Jogokariyan.

Salut buat takmir masjidnya.

 

4 pemikiran pada “Kunjungi 3 Masjid di Jogja dan Sekitarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s